Megawati Pastikan Ganjar Tak Melarikan Diri, Tetap Patuhi Perintahnya

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, sedang memastikan Ganjar Pranowo tidak melarikan diri dan selalu mengikuti arahan dia dan PDIP.

Baca juga: Ini Kata PDIP Soal Pelegalan Politik Uang di Pemilu

Analisis tersebut disampaikan oleh Direktur Pusat Riset Politik, Hukum, dan Kebijakan Indonesia, Saiful Anam, Senin, (5/6/2023).

Pernyataan Mega mengenai Ganjar harus menyatakan dirinya sebagai petugas partai, menunjukkan bahwa gubernur Jawa Tengah tersebut diharapkan tidak melarikan diri dan selalu mengikuti apa yang menjadi arahan Mega dan PDIP.

Baca juga: PDIP Tugaskan Ganjar untuk Pemenangan Pilkada Serentak

"Mega ingin menanamkan bahwa hanya kepada dirinya Ganjar harus patuh dan tunduk. Dia ingin mengunci Ganjar dengan terus mengingatkan, bahkan mendoktrinasi, bahwa sebagai petugas partai, Ganjar harus mengikuti segala arahan dan keinginan partai," jelas Saiful.

Selain itu, akademisi Universitas Sahid Jakarta juga melihat bahwa Megawati tidak ingin Ganjar mengikuti atau mematuhi keinginan orang lain selain dirinya dan partai.

Baca juga: Sampai Kini, PDIP Masih Belum Tentukan Posisi Pemerintahan

"Dengan demikian, kepentingan partai di atas segalanya. Ini juga menjadi desain yang diinginkan oleh Mega bagi seluruh kader partainya, bahwa semua kader harus patuh dan tunduk, dan segala hal harus dikendalikan oleh partai, termasuk keputusan-keputusan yang akan diambil di pemerintahan di masa depan," tambah Saiful.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru