Ucapan Syukur Anies Baswedan Saat Melihat Codetan Ciliwung Sudah Rampung!

Reporter : Danny

Optika.id - Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan merespons terkait peresmian Sodetan Ciliwung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 31 Juli 2023. Anies merasa senang sodetan tersebut sudah rampung dikerjakan.

Baca juga: Pilgub DKI Jakarta 2024: Muncul Nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil Sampai Risma

Saya menyampaikan rasa syukur alhamdulillah bahwa proyek sodetan yaitu membangun terowongan yang besar dari sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur itu selesai, kata Anies di Lebak Bulus Dalam II, Jakarta Selatan, Rabu, (2/8/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, tiap kepemimpinan punya porsi pekerjaan yang dituntaskan di tiap fase.

Dia pun tak ambil pusing soal pernyataan Jokowi yang mengatakan pengerjaan Sodetan Ciliwung mengalami kemandekan karena terhambat di pembebasan lahan.

Bagi Anies, yang terpenting proyek tersebut selesai dan biarkan fakta di lapangan yang akan menjawab seluruh pekerjaannya selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Disetiap fase kepemimpinan ada porsi pekerjaan yang diselesaikan di setiap fase. Semua yang sifatnya pembangunan itu pasti memerlukan waktu. Ada proses dibalik seremoni. Nanti akan ada fakta yang melihat dan kami yang penting sudah selesai, ucapnya.

Baca juga: Ini Prediksi Pakar Soal Putusan MK pada Sengketa Hasil Pilpres 2024

Anies pun mempersilahkan pihak lain untuk melakukan audit. Ia menyebut proyek Sodetan Ciliwung bukan suatu hal yang baru, melainkan program yang sudah dikerjakan lintas waktu.

Silakan saja lakukan assesment diaudit nanti bisa kelihatan bulan apa mengerjakan apa selama 8 tahun, 9 tahun atau 10 tahun terakhir. Ini bukan sesuatu yang baru. Itu sudah dikerjakan lintas waktu, ucap pendiri Indonesia Mengajar itu.

Diketahui, Jokowi meresmikan sodetan Ciliwung di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin lalu.

Baca juga: Anies Ngaku Belum Lebaran dengan Cak Imin, Jadwal Padat?

Jokowi mengatakan proyek tersebut sempat terhambat karena pembebasan lahan yang mengakibatkan pengeboran berhenti.

(Penyebabnya) pembebasan lahan karena memang sangat, pengerjaan ini sangat tergantung pada pembebasan lahan. Sekarang rampung dan selesai. Saya katakan pengerjaan ini bersama-sama Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta, kata dia.

Jokowi mengatakan, sodetan itu bisa mengatasi banjir yang terjadi di 6 kelurahan sekitar.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru