Pesan Anies ke Pelajar Luar Negeri, Tempelkan Peta Indonesia Berkabar di Sekolah Asal!

Reporter : Danny

Optika.id - Nasionalisme Anies Baswedan tampaknya tidak diragukan lagi. Spirit kecintaan kepada bangsa dan negara ini pun selalu dia tularkan kepada khalayak luas lewat berbagai kegiatan dan terobosannya, termasuk secara khusus kepada para pelajar yang akan studi ke luar negeri.

Baca juga: Pilgub DKI Jakarta 2024: Muncul Nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil Sampai Risma

Jebolan S1 UGM yang menyelesaikan S2 dan S3 di Amerika Serikat masing-masing di University of Maryland dan Northern Illinois University ini setidaknya selalu memberikan tiga pesan kepada mereka.

Kalau mereka berangkat [ke luar negeri] itu, saya selalu pesankan nomor satu, pasang peta Indonesia di kamar Anda tinggal, jelas Anies di kanalYoutube @Rhenald KasalidikutipOptika.id,Kamis, (3/8/2023).

Tujuannya agar anak-anak bangsa yang sedang studi di berbagai negara tersebut terus melihat dan mengingat Tanah Air dan ibu pertiwi yang melahirkan dan membesarkannya.

Di sisi lain saya bilang sama sekolah-sekolah di Indonesia, pasang peta dunia di kelas anak-anak kita. Biar anak-anak Indonesia punya wawasan yang global, ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Pesan kedua, dia mengimbau para pelajar tersebut untuk tidak buru-buru pulang ke Tanah Air setelah selesai kuliah. Jangan pulang cepat-cepat. Nah, menarik. Sementara birokrat kita menganjurkan cepat pulang kalau sudah selesai, timpal pakar manejemen Rhenald Kasali yang memandu siniar tersebut.

Baca juga: Ini Prediksi Pakar Soal Putusan MK pada Sengketa Hasil Pilpres 2024

Melanjutkan keterangannya, Anies memesankan tidak buru-buru pulang kepada para mahasiswa Indonesia tersebut dengan maksud agar terlebih dahulu melakukan latihan praktik, membangun jaringan, memperluas wawasan, dan memperkaya pengalaman.

Dan mereka di sana itu jugangirimdollar juga ke kita. [Mengirim hasil] pendapatannya untuk keluarganya di sini, ujar Anies, yang bekerja selama hampir setahun sebagai direktur riset di IPC inc., sebuah asosiasi perusahaan elektronik se-dunia di Chicago, di masa-masa akhir menyelesaikan doktornya.

Pesan ketiga dari calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) ini adalah berkirim surat kepada sekolah asal di dalam negeri bagaimana pengalaman belajar di luar negeri, termasuk ketika telah mendapat pekerjaan. Seperti yang dia lakukan dengan mengirim surat ke sekolahnya di SMP 5 Yogyakarta.

Baca juga: Anies Ngaku Belum Lebaran dengan Cak Imin, Jadwal Padat?

Untuk apa? Agar anak-anak yang di sini juga punya motivasii wanna be like him, i wanna be like her.Itu membangkitkan mimpi, tandasnya.

Karena itu di awal pembahasan ketika Rhenald Kasali memulai topik itu dengan mengangkat ada banyak penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) belum kembali ke Indonesia setelah merampungkan studi di luar negeri, Anies tampaknya tidak terlalu risau.

Secara umum lebih banyak yang pulang daripada bertahan di luar. Kemudian saya pun sering menganjurkan Pak kepada anak-anak yang sedang kuliah di luar [untuk tidak buru-buru pulang], ungkap Anies.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru