Anies Ungkap Nelayan Kecil Hadapi Banyak Persoalan

Reporter : Danny

Optika.id - Setelah melihat dan mendengarkan langsung keluhan para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin 7 Agustus 2023, bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menegaskan nelayan kecil masih menghadapi banyak persoalan yang perlu segera diselesaikan.

Baca juga: Pilgub DKI Jakarta 2024: Muncul Nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil Sampai Risma

Persoalan-persoalan terkait perikanan harus terselesaikan. Untuk itu, bila amanat diberikan, maka para nelayan menjadi prioritas. Persoalan pangan termasuk hasil perikanan yang sering kami sampaikan, kami berharap bila amanat itu diberikan, ini harus terselesaikan, tegas Anies saat mengunjungi TPI Muncar, Selasa, (8/8/2023).

Dalam kunjungan dan silaturahmi ke berbagai pihak di Banyuwangi, Anies Baswedan juga mendengarkan aspirasi nelayan. Kedatangan Anies disambut simpatisan, relawan, dan para nelayan. Tak hanya itu, Anies juga banyak mendengarkan tentang proses pengolahan ikan asin, penjualan, dan penghasilan yang diperoleh nelayan.

Berbagai keluhan nelayan di antaranya perizinan kapal nelayan berukuran kecil, bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, akses permodalan, pemasaran, dan lainnya.

Baca juga: Ini Prediksi Pakar Soal Putusan MK pada Sengketa Hasil Pilpres 2024

Sebagai negara maritim, perikanan menjadi salah satu sektor yang sangat strategis. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak nelayan dan mempunyai potensi meningkatkan gizi dan kesehatan warga. Kami mendapatkan banyak masukan dari keluhan para nelayan. Yang dikeluhkan ada beberapa. Pertama tentang sulitnya subsidi BBM. Ini paling banyak disampaikan, ujarnya.

Dia menegaskan, nelayan kecil perlu diberikan kemudahan dalam mengurus perizinan kapal sehingga mendapatkan keadilan dan kesetaraan. Prinsipnya adalah membesarkan pelaku usaha yang kecil tanpa mengecilkan usaha yang besar. Jadi yang kecil harus dibesarkan dan cari cara untuk mudah di dalam berusaha, tuturnya.

Baca juga: Anies Ngaku Belum Lebaran dengan Cak Imin, Jadwal Padat?

Menurutnya, nelayan perlu diberikan akses lebih luas dalam mendapatkan BBM. Kami ingin masalah-masalah perikanan itu terselesaikan. Dan untuk itu, bila amanat itu diberikan, maka ini akan jadi prioritas.

Setelah mendapatkan dukungan dari berbagai lintas profesi mulai dari buruh, petani, pedagang, pengusaha warteg, Anies Baswedan kembali mendapatkan sokongan dari para nelayan di Banyuwangi, Jawa Timur. Sebelumnya, para nelayan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah juga mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru