Bicara Soal Koruptor, Anies Berikan Kuliah Kebangsaan di FISIP UI

Reporter : Danny

Optika.id -Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Persatuan Anies Baswedan jadi pembicara dalam acara Kuliah Kebangsaan di Fisip Universitas Indonesia, Depok, Selasa, (29/8/2023).

Baca juga: Pilgub DKI Jakarta 2024: Muncul Nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil Sampai Risma

Pada acara ini, Anies menyampaikan gagasan yang nantinya Capres dari PDI-P Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto itu juga akan menyampaikan gagasannya pada lain hari.

Saat berpidato, Anies mengatakan salah satu cara terwujudnya good governance adalah dengan praktik korupsi harus dimusnahkan. Ia menyebut ada tiga jenis korupsi yang harus diberantas bersama-sama.

"Salah satu unsur penting dalam good governance adalah bagaimana korupsi bisa dihilangkan. Pemberantasan korupsi dituntaskan, dan itu dari mana? dari paling puncak sampai ke bawah. Korupsi minimal tiga, korupsi karena kebutuhan, korupsi karena keserakahan dan korupsi karena sistem," kata Anies saat memberikan kuliah kebangsaan di Universitas Indonesia, Selasa, (29/8/2023).

Anies mengatakan, korupsi karena kebutuhan biasanya penghasilan seseorang itu tidak cukup untuk biaya keperluan sehari-hari. Ia menyebut solusinya adalah dengan remunerasi yang baik.

Baca juga: Ini Prediksi Pakar Soal Putusan MK pada Sengketa Hasil Pilpres 2024

Selain itu, Anies menyebut ada bahaya laten korupsi, yaitu korupsi karena faktor keserakahan atau ketamakan. Ia menyebut solusi dari korupsi karena keserakahan (greed) ini adalah pelakunya harus dimiskinkan.

Di mana mencegah ini, greed tumbuh? Rasa takut menghentikan keserakahan. Ketika ada hukuman membuat jera, maka akan redam greed, jadi rasa takut, tapi kalau tidak menjerakan, maka keserakahan akan cari jalan, ujarnya.

Apa hukuman paling mencerahkan dalam praktek korupsi? Dimiskinkan, diambil hartanya, disita hartanya. Karena itu yang paling ditakuti oleh semua koruptor. Harus dimiskinkan, dan inilah yang harus menjadi pegangan bagi kita semua, tambahnya.

Baca juga: Anies Ngaku Belum Lebaran dengan Cak Imin, Jadwal Padat?

Terakhir, Anies meminta agar perbaiki sistem-sistem yang ada untuk menuntaskan masalah korupsi.

"Jadi membereskan soal korupsi, kami melihat ada tiga akar yang harus dibereskan di situ. Tidak hanya soal penangkapan, tidak hanya soal kalimat pencegahan tapi akar masalahnya need, greed sama sistem. Kalau itu kita tangani Insya Allah bisa," imbuhnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru