Rakornas BAZNAS 2023, Wapres RI Dorong Pengelolaan ZIS untuk Pengentasan Kemiskinan

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Maruf Amin, membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) 2023 yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta. Dalam sambutannya, Wapres Maruf Amin menekankan pentingnya peran BAZNAS sebagai mitra strategis pemerintah dalam upaya menyejahterakan masyarakat dan mengatasi kemiskinan.

Baca juga: Pemprov dan Baznas Riau Salurkan Infaq Rp5,6 M untuk Palestina

"Keberadaan dan peran BAZNAS sebagai mitra strategis pemerintah tentu sangat krusial. Sebagai badan pengelola zakat nasional, BAZNAS turut aktif membantu pemerintah dalam upaya menyejahterakan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan," ujar KH. Maruf Amin, dikutip pada Kamis, (21/9/2023).

Beliau juga mengajak BAZNAS untuk meningkatkan partisipasi aktifnya dalam mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin ekstrem dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi mereka.

Oleh karena itu saya minta BAZNAS untuk meningkatkan partisipasi aktifnya tidak hanya mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin ekstrem, tapi juga meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin ekstrem, tambahnya.

Wapres Maruf Amin memberikan apresiasi dan harapannya agar BAZNAS meningkatkan penyediaan akses lanjutan bagi kelompok masyarakat miskin yang berkebutuhan khusus, seperti yang telah dilakukan dalam menyediakan akses pendidikan Al-Quran bagi penyandang disabilitas tuna rungu.

Baca juga: Baznas Diminta Beri Kemudahan Modal Usaha Untuk Masyarakat Surabaya

Selain itu, beliau juga mendorong BAZNAS untuk merumuskan inovasi baru dalam pengelolaan dana sosial syariah untuk meningkatkan kegiatan masyarakat dalam mengatasi kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Rakornas BAZNAS 2023, yang dihadiri oleh lebih dari 1500 peserta dari seluruh Indonesia, akan membahas berbagai strategi terkait pengelolaan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya dengan prinsip 3A (Aman Syari, Aman Regulasi, Aman NKRI). Dalam rakornas ini, juga akan dibahas evaluasi pencapaian pengelolaan zakat per provinsi, penguatan pencapaian target tahun 2023, serta perencanaan, target, dan strategi pengelolaan zakat tahun 2024.

Baca juga: Wapres Sebut BAZNAS Badan Krusial Bantu Pemerintah Hapus Kemiskinan

Kiai Noor Achmad, MA, Ketua BAZNAS RI, menyampaikan komitmen BAZNAS untuk mengumpulkan dan memberikan dana kepada para mustahik serta menjelaskan prinsip bahwa dana BAZNAS adalah dana mustahik, yang diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Rakornas BAZNAS 2023 juga dihadiri oleh Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas, dan sejumlah pimpinan BAZNAS RI serta pejabat pemerintah lainnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru