Duet Pasangan AMIN Satukan Muhammadiyah dan NU

Reporter : Danny

Optika.id - Bacawapres Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar saat di Sulawesi Selatan berkesempatan mengunjungi jajaran Pimpinan Pengurus Muhammadiyah Wilayah Sulsel pada Minggu, 24 September 2023. Ketua Umum DPP PKB ini mengaku terharu mendapat sambutan dari Muhammadiyah.

Baca juga: Timnas AMIN Hargai Bawaslu, Asal Jangan Tebang Pilih!

Tokoh Muhammadiyah Yogyakarta Syukri Fadholi merespons positif kunjungan cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Bisri Syamsuri ini ke Muhammadiyah. Ini semakin menguatkan bahwa pasangan AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) mempersatukan kekuatan umat Islam di Indonesia, NU dan Muhammadiyah, katanya,Selasa, (26/9/2023).

Anies Baswedan jauh sebelumnya juga melakukan kunjungan ke sejumlah tokoh NU baik di Jawa Tengah maupun di Jawa Timur. Anies juga mendapat sambutan hangat dari kalangan warga Nahdliyin di setiap tokoh NU yang dikunjungi.

Syukri meyakini, pasangan AMIN ini bisa menyatukan kekuatan besar bangsa ini. Ada juga anggapan kalau sesugguhhnya NU dan Muhammadiyah bersatu, insyalllah segala persoalan bangsa bisa diselesaikan, tegasnya.

Mantan Ketua DPW PPP DIY ini berpendapat, sejak berpasangan dengan Gus Muhaimin, sosok Anies Baswedan semakin diterima warga Nahdliyin. Saya lihat-teman-teman NU yang dulu tidak pro Anies karena menganggap Anies dekat dengan khilafah, FPI, garis keras, dan lainnya, ternyata mereka menyadari bahwa Anies tidak seperti yang mereka anggap sebelumnya, paparnya.

Baca juga: Timnas AMIN Yakin Paslon Lolos Putaran Kedua Pilpres Nanti

Di sisi lain, kata Syukri, dari segi elektoral, pasangan AMIN ini juga mantap secara kuantitatif. Secara kualitatif bisa menyatukan dua ormas Islam di Indonesia, secara kuantitatif peluang memenangi Pilpres 2024 terbuka lebar dibanding dengan komposisi yang sebelumnya mengemuka yakni Anies-AHY.

Mayoritas rakyat Indonesia umat Islam, mayoritas NU dan Muhammadiyah. Memang ada satu pemahamam bahwa lahirnya pasangan AMIN ini mempersatukan kekuatan umat Islam di Indonesia, jelasnya.

Baca juga: WNI di London Inggris Deklarasikan Dukung Pasangan AMIN

Seperti diberitakan, Gus Muhaimin mengaku terharu karena Muhammadiyah menyambut baik gerakan perubahan yang digaungkan oleh Anies dan Muhaimin dalam gagasannya sebagai bacapres dan bacawapres di Pilpres 2024. Saya sangat senang dan terharu, ternyata sahabat-sahabat Muhammadiyah sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari perubahan bangsa, tutur Muhaimin dalam akun Instagram resminya.

Ketua Umum DPP PKB ini pun optimistis dengan dukungan dari Muhammadiyah ini menjadi kekuatan untuk perjuangannya bersama Anies Baswedan. Insya Allah kita menjadi kekuatan yang terus-menerus, bahu-membahu mewujudkan Indonesia yang lebih adil, makmur, dan sejahtera, ungkapnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru