Timnas AMIN Yakin Paslon Lolos Putaran Kedua Pilpres Nanti

author Dani

- Pewarta

Jumat, 29 Des 2023 20:54 WIB

Timnas AMIN Yakin Paslon Lolos Putaran Kedua Pilpres Nanti

Optika.id - Pelatih Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Tamsil Linrung optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar lolos ke putaran kedua Pilpres 2024.

"Seperti yang ditunjukkan hasil survei sejumlah lembaga, bahwa elektabilitas pasangan AMIN mengalami grafik yang menanjak. Cuma memang hasil kerja keras kami belum sampai pada tahap bisa menang dalam satu putaran. Insyaallah kami akan masuk pada putaran kedua," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, (29/12/2023).

Baca Juga: Tim Hukum AMIN Kumpulkan Bukti Sampai Saksi Soal Kecurangan

Dia menjelaskan peningkatan suara AMIN karena simpul-simpul keumatan dan pergerakan semakin solid.

Tamsil mencontohkan organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah yang selama ini tidak pernah tegas mendukung AMIN melalui pimpinan pusat.

"Biarpun PP Muhammadiyah tidak tegas, tapi di daerah menyatakan dukungan secara terbuka," ujarnya.

Dia menambahkan dukungan juga diberikan alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang selama ini menyatakan independen.

"Kalau ada yang tidak mendukung AMIN karena mereka terlibat sebagai tim di pasangan calon lain. Tapi, mereka tidak bisa membawa lembaga ini (HMI) untuk mengambil dukungan resmi," katanya menegaskan.

Baca Juga: Pesan Anies ke Relawan, Perjalanan Masih Panjang

Tamsil mempersilakan kalau ada pasangan calon yang yakin akan bisa menang pilpres dalam satu putaran. Akan tetapi, faktanya mayoritas survei masih menunjukkan belum ada pasangan calon yang mencapai dukungan di atas 50 persen untuk menang satu putaran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Kecuali kalau ada lembaga survei abal-abal yang mengeluarkannya," ujar anggota DPD RI itu.

Jika AMIN masuk ke putaran kedua, Tamsil melihat peluang menang sangat terbuka.

Baca Juga: Tim Hukum Amin dan Ganjar Komunikasi Usut Dugaan Kecurangan Pemilu

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023 menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU