Anak Buah Megawati Bicara Nepotisme Lahir Kembali, Sindir Jokowi?

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Dalam sambutannya di hadapan delegasi Council of Asian Liberal and Democrats (CALD Party) di Sekolah Partai PDIP, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, mengungkapkan keprihatinannya terkait kemunduran demokrasi di Indonesia yang ditandai oleh praktik nepotisme belakangan ini. Hasto menjelaskan pernyataannya setelah melihat Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, mengenakan baju hitam yang bukan merupakan warna merah khas PDIP.

Hasto telah berbicara dengan Basarah mengenai alasan pemilihan baju hitam tersebut. Basarah menjelaskan bahwa ia memilih baju hitam sebagai cerminan kondisi bangsa yang saat ini sedang menghadapi berbagai kesulitan.

Baca juga: Ini Kata PDIP Soal Pelegalan Politik Uang di Pemilu

Hasto menyampaikan, "Dan memang benar, ini mencerminkan betapa demokrasi saat ini sedang diuji. Ya, karena terlahir kembali praktik nepotisme. Jadi, kita harus mempertimbangkan hal ini." Namun, Hasto tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai praktik nepotisme yang dimaksud oleh Basarah. Dikutip pada Sabtu (28/10/2023).

Baca juga: Sampai Kini, PDIP Masih Belum Tentukan Posisi Pemerintahan

Sebelumnya, tudingan praktik nepotisme telah dilontarkan oleh Relawan Barisan Joko Widodo untuk RI (Bajuri) terhadap Presiden Joko Widodo yang membiarkan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, maju sebagai bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto. Ketua Umum Relawan Bajuri, Unggul H. Panggabean, berpendapat bahwa langkah Gibran sebagai calon wakil presiden bukan sekadar politik dinasti, melainkan praktik nepotisme yang terjadi di republik ini.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru