Sampai Kini, PDIP Masih Belum Tentukan Posisi Pemerintahan

author Dani

- Pewarta

Selasa, 14 Mei 2024 10:46 WIB

Sampai Kini, PDIP Masih Belum Tentukan Posisi Pemerintahan

Jakarta (optika.id) - DPP PDI Perjuangan atau PDIP masih belum memutuskan sikap politik di pemerintahan Presiden-Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan mendengar masukan dan aspirasi dari masing-masing ranting yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Baca Juga: Ini Kata PDIP Soal Pelegalan Politik Uang di Pemilu

"Bagaimana sikap PDI Perjuangan, kami belum memutuskan hal itu karena menyangkut hal yang sangat strategis. Kami mendengarkan bagaimana anak ranting, ranting, PAC, DPC, masukan arus bawah karena PDI Perjuangan adalah Partai yang dibangun dari kekuatan arus bawah itu," kata Hasto kepada wartawan di Jakarta, Senin (13/5/2024).

Ia menjelaskan, nantinya aspirasi dari ranting tersebut akan dibahas bersama di dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP yang rencananya akan digelar pada akhir bulan ini.

"Kami akan mencermati seluruh dinamika termasuk pembahasan di dalan Rakernas. Karena nanti ada komisi sikap politik yang akan membahas setelah mendengarkan masukan-masukan dari DPD Partai. Dari situlah kami akan formulasikan sikap politik termasuk bagaimana pemerintahan ke depan harus disikapi oleh PDI Perjuangan," kata Hasto.

Menurutnya, tatanan sistem pemerintahan yang baik harus dibangun melalui pengawasan yang kuat.

Karena itu, pentingnya suatu hukum check and balance.

Baca Juga: Hasto: UU Kementerian Negara Tak Perlu Revisi

"Pentingnya fungsi-fungsi di dalam teori politik ada yang berada di dalam pemerintahan, ada yang berada di luar pemerintahan," ujarnya. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebelumnya, Prabowo mengatakan, pihaknya akan terus berupaya merangkul seluruh pihak untuk bekerja sama dalam membangun Indonesia.

Namun, ia memberi pesan kepada pihak yang tak ingin bekerja sama agar menjadi penonton yang baik.

Baca Juga: PDIP Sebut Kantongi Beberapa Nama untuk Pilkada DKI Jakarta

Karena dirinya dengan elemen bangsa lainnya ingin bekerja dalam memberi kemajuan bagi Tanah Air. 

Hal itu dikatakan Prabowo saat menghadiri Rakornas PAN Pemenangan Pilkada Tahun 2024 di Jakarta, Kamis (9/5/2024) malam.

"Saya akan berjuang terus bersama semua kekuatan yang mau diajak kerja sama. Yang tidak mau diajak kerja sama tidak apa-apa. Kalau ada yang mau nonton di pinggir jalan, silakan jadi penonton yang baik. Tapi kalau sudah tidak mau diajak kerja sama, ya jangan mengganggu. Orang lagi mau kerja kok. Kita mau kerja. Kita mau kerja. Kita mau amankan kekayaan bangsa Indonesia," kata Prabowo. 

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU