Balas Ganjar, Anies: Bukan Menata Ulang, Rumuskan Secara Komprehensif!

Reporter : Danny

Optika.id - Calon presiden nomor 1 Anies Baswedan membalas pernyataan calon presiden nomor 3 Ganjar Pranowo terkait kewenangan institusi di sektor keamanan yang mengalami tumpang tindih. Anies mengatakan langkah yang dilakukan bukan hanya untuk menata ulang organisasi tapi juga merumuskan secara komprehensif ancaman dan tantangan keamanan ke depan.

"Menurut hemat kami harus dirumuskan apa tantangan dan ancaman keamanan Indonesia di tahun-tahun ke depan," kata Anies dalam Debat Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

Baca juga: Netizen Respon Upaya Anies Dirikan Partai, Ini Penjelasannya!

Anies menjelaskan perumusan potensi ancaman ke depan akan membuat Indonesia memahami langkah apa yang harus dilakukan. Selain itu, rumusan itu juga direspons oleh badan-badan di sektor keamanan.

Baca juga: Tokoh Masyarakat Ingin Anies Terus Jadi Pemimpin Perubahan untuk Indonesia

"Dengan itu dirumuskan maka kita tahu apa ancamannya, lalu dari situ kita lihat bagaimana badan-badan yang selama ini ada diatur untuk merespons untuk tantangan itu. Kalau kita hanya menata ulang tanpa memikirkan apa ancaman barunya maka kita tak lebih dari sekadar menyelesaikan urusan organisasi," ujar Anies.

Anies mengatakan yang sesungguhnya dibutuhkan adalah bagaimana organisasi itu diatur untuk merespons tantangan ke depan. Selain itu, Anies mendorong pelibatan semua pihak dalam menyusun potensi ancaman itu.

Baca juga: Meski Tak Ikut Kontestasi Pilgub, Pengamat Prediksi Karier Anies Tak Meredup!

"Libatkan semua unsur yang terbiasa di dalam menyusun ancaman tantangan organisasi sehingga kemudian penataan organisasi badan-badan bukan semata-mata karena selera pemimpin tapi karena merespons atas ancaman itu," pungkas Anies.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru