Bangun Lingkungan Kampus Ramah Difabel, Fakultas Psikologi Unair Siapkan Ini

author Jenik Mauliddina

- Pewarta

Selasa, 28 Des 2021 16:45 WIB

Bangun Lingkungan Kampus Ramah Difabel, Fakultas Psikologi Unair Siapkan Ini

i

Dok:Istimewa

Optika.id, Surabaya - Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (FPsi UNAIR) terus berupaya menyediakan berbagai fasilitas bagi para difabel untuk mempermudah aktifitas mereka di lingkungan kampus. 

Wakil Dekan II Bidang Sumber Daya, Keuangan, dan Sistem Informasi FPsi UNAIR, Dimas Aryo Wicaksono mengatakan, Penyediaan fasilitas ramah difabel ini, menurutnya, merupakan implementasi dari dibentuknya Center For Inclusion (CFI) atau Pusat Inklusi oleh FPsi UNAIR pada 2013 lalu.

Baca Juga: PT JIEP Buka Lowongan Posisi Site Operasional Manager

Dari fasilitas, sebetulnya kami sudah menyediakan yang standar seperti hand rail di toilet. Lalu, setiap ruangan yang berjenjang itu kami kasih lantai yang lebih landai, papar Aryo pada wawancara via panggilan telepon, Selasa (28/12/2021).

Dirinya juga mengungkapkan, lift dan kursi roda juga disiapkan di gedung FPsi UNAIR andaikan ada mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, atau tamu yang memerlukan.

Terdapat hal yang menarik dari penyediaan fasilitas ramah difabel yang disediakan oleh FPsi UNAIR. Di setiap ruang kuliah disediakan meja dan kursi bagi para pengguna left-handed (tangan kidal).

Ia menjelaskan bahwa pihak Fakultas Psikologi mendapatkan saran yang sangat berharga terkait penyediaan bangku bagi pengguna tangan kidal dari orang tua mahasiswa saat melakukan kunjungan ke FPsi UNAIR.

Dari situ kami kepikiran, Oh, iya. Teman-teman yang bertangan kidal pasti kesulitan kalau menggunakan bangku kuliah yang hanya didesain untuk right-handed (pengguna tangan kanan), ucap Aryo.

Maka dari itu diletakkan bangku-bangku kecil dengan kursinya terpisah di tempatkan di semua kelas pada lima deret bangku terdepan. 

Baca Juga: Tips Ampuh Mengatasi Batuk dan Pilek dengan Bahan-bahan Alami

Selain menyediakan fasilitas ramah difabel, FPsi UNAIR juga menyediakan beberapa fasilitas kesehatan seperti tabung oksigen. Tabung oksigen ini disediakan sebagai upaya preventif di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Aryo menuturkan bahwa prinsip inklusi tidak berbicara tentang kekurangan, namun bagaimana menerima semua perbedaan dalam hal keterbatasan maupun keunggulannya dengan masing-masing individu memiliki kesempatan yang sama. 

Dengan prinsip itu, kami mencoba memfasilitasi dengan hal-hal sederhana seperti dari bangku perkuliahan ini, ungkap Aryo. 

Baca Juga: Halal Bihalal, Khofifah Ingin Unair Jadi Kampus Top Dunia

Reporter: Jenik Mauliddina

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU