Pemkab Banyuwangi Sertifikasi Aset Terbanyak di Indonesia Tahun 2021

author Jenik Mauliddina

- Pewarta

Selasa, 28 Des 2021 23:46 WIB

Pemkab Banyuwangi Sertifikasi Aset Terbanyak di Indonesia Tahun 2021

i

Untitled-1

Optika. Id, Banyuwangi - Kinerja Pemkab Banyuwangi menuai pujian Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN) dan Pemprov Jawa Timur karena inilai berhasil melakukan sertifikasi aset terbanyak di Jatim, bahkan se-Indonesia.

Sebanyak 2100 sertipikat aset Pemkab Banyuwangi ini, Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2021 ini telah menyelesaikan pendaftaran 64.350 bidang tanah masyarakat Banyuwangi.

Baca Juga: Khofifah Kembali Maju Jadi Calon Gubernur di Pilkada Jatim 2024

"Dengan terbitnya sertifikat maka akan mendorong terbentuknya iklim berusaha dan investasi dan tentunya hal ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Bupati Ipuk di Banyuwangi, Selasa (28/12/2021).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengemukakan, sertifikasi aset dan pendaftaran tanah pada umumnya tidak hanya sekadar terbitnya sertifikat, namun lebih pada kepastian hukum.

Bupati Ipuk sendiri telah memberikan penghargaan kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi saat peringatan Hari Jadi Banyuwangi Ke-250, di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, beberapa waktu lalu.

"Kami ucapkan terima kasih pada Kantor Pertanahan Banyuwangi atas upaya dan kerja keras melakukan sertipikasi aset Banyuwangi. Terima kasih pula kepada Ibu Menteri ART/BPN, Gubernur Jatim, Kanwil BPN Jatim, yang terus memberi bimbingan kepada kami di daerah," tuturnya.

Sertifikat itu, masuk dalam program Presiden Joko Widodo yaitu program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). Dalam mempercepat PTSL, Kantor Pertanahan Banyuwangi memiliki program Jjemput Bola.

Petugas kantor pertanahan bersinergi dengan pemerintah desa dan kelompok masyarakat desa setempat yang membantu mengumpulkan data fisik maupun data yuridis sebagai dasar permohonan sampai dengan penerbitan sertifikat, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor pertanahan.

Baca Juga: Etika Mengirim Undangan Online agar Rapi & Sopan

Pada Senin (27/12) kemarin, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa secara simbolis menyerahkan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Jawa Timur, yang digelar oleh Kementerian ART/BPN, di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Penyelamatan aset milik negara dan barang milik negara sangat penting. Ini penting untuk memberikan kepastian hukum atas kepemilikan barang dan aset milik negara. Maka, penyelamatan aset milik negara ini menjadi penting," kata Gubernur Khofifah.

Dalam acara itu juga dihadiri secara virtual oleh Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menerima sertifikat tanah aset pemda.

Reporter: Jenik Mauliddina

Baca Juga: Khofifah Serahkan Penghargaan K3 2023 ke Bupati Lamongan

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU