Optika.id - Perusahaan Perangkat Lunak, Sensor Tower, melaporkan seri permainan PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG Mobile), kategori game dan TikTok kategori non-game menjadi aplikasi berpenghasilan tertinggi di App Store dan Google Play Store pada kuartal ketiga 2021.
Selain itu, Kedua aplikasi tersebut menguasai jumlah unduhan terbanyak di masing-masing kategori.TikTok juga baru-baru ini melampaui 3 miliar pemasangan secara global, menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang melakukannya.
Baca Juga: Capres Ramai Bikin TikTok Live, Bisa Gaet Suara Anak Muda?
Kategori Non-Game
Kategori non-game, Belanja konsumen di aplikasi TikTok mengalami pertumbuhan 41 persen daripada periode yang sama tahun lalu. Angka pendapatan TikTok yang dilaporkan oleh Sensor Tower juga termasuk Douyin versi iOS di China.
Pengeluaran konsumen secara keseluruhan untuk pembelian dalam aplikasi, aplikasi premium, dan langganan tumbuh 15,1 persen daipada periode yang sama tahun lalu menjadi US$ 33,6 miliar (Rp 479,5 triliun) di Apple App Store dan Google Play toko.
Selain itu TikTok merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada kuartal ketiga 2021, diikuti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Facebook Messenger.
Selain TikTok, secara keseluruan, aplikasi non-game dengan penghasilan terbanyak adalah Manga Piccoma di urutan kedua dengan pendapatan yang dilaporkan tumbuh 130 persen, diikuti YouTube, yang mencatat belanja konsumen naik 17 persen.
Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba untuk Download Video Tiktok Tanpa Watermark
Google One dan Disney+ melengkapi aplikasi dengan pendapatan tertinggi masing-masing di nomor empat dan lima.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Kategori Game
PUBG Mobile menjadi aplikasi paling banyak di unduh di 2021 untuk kantegorinya. Belanja konsumen dalam aplikasi dilaporkan naik 11 persen dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan di Google Play Store, belanja konsumen tumbuh 18,6 persen menjadi US$ 12,1 miliar (Rp 265,5 triliun).
Baca Juga: Cegah Jual Rugi Bisnis, Ini Jurus Jitu TikTok dan Tokopedia
Sementara pertumbuhan di App Store, terlihat pengeluaran konsumen yang lebih tinggi US$ 21,5 miliar (Rp 307 triliun) dengan pertumbuhan 13,2 persen daripada periode yang sama tahun lalu.
Pengeluaran konsumen untuk game seluler terus meningkat dan Sensor Tower mengatakan bahwa PUBG Mobile menempati posisi teratas dalam kategori tersebut. Tencent's Honor of Kings dan miHoYo's smash hit Genshin Impact mengikuti PUBG Mobile di game terlaris untuk kuartal ketiga 2021.
Sementara Pokemon Go dari Niantic dan Roblox dari Roblox Corp melengkapi lima besar, dengan Pokemon Go mengalami pengeluaran konsumen turun 8 persen dan Roblox mengalami pertumbuhan 9 persen dibandingkan dengan kuartal ketiga 2020. (Jeni/zal)
Editor : Pahlevi