Ini 5 Khasiat Minum Teh Hijau Bagi Tubuh

author firman fachrudy

- Pewarta

Sabtu, 31 Des 2022 09:46 WIB

Ini 5 Khasiat Minum Teh Hijau Bagi Tubuh

Optika.id - Teh hijau merupakan daun dari tumbuhan Camellia sinensis. Minuman yang dikenal dengan Green Tea ini juga sudah digunakan dalam pengobatan Jepang dan Cina selama berabad-abad lamanya.

Teh hijau sendiri memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan diyakini memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga: Tips Ampuh Mengatasi Batuk dan Pilek dengan Bahan-bahan Alami

Dilansir dari Healthline, Sabtu (31/12/2022), berikut adalah 5 khasiat teh hijau.

1. Teh hijau meningkatkan fungsi otak

Salah satu khasiat teh hijau adalah meningkatkan fungsi otak. Khasiat ini dikaitkan dengan kafein yang terkandung dalam teh hijau. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk suasana hati, waktu respons, dan memori. Selain kafein, teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine yang juga bermanfaat untuk fungsi otak.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Polifenol merupakan salah satu antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker payudara.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan menyeluruh untuk memastikan efektivitas teh hijau dalam mencegah kanker.

Baca Juga: Ada Kandungan Bromat Berbahaya di Air Mineral, Pakar UGM: Jangan Asal Percaya Influencer

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

3. Mencegah diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin dan mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes. Oleh karena itu, teh hijau aman dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes.

4. Menurunkan berat badan

Baca Juga: Benarkah Kadar Kolesterol di Buah Durian Tinggi?

Sebuah uji klinis menunjukkan bahwa teh hijau bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, terutama lemak di bagian perut. Namun, manfaat teh hijau untuk diet ini tidak berlaku pada orang dewasa yang mengalami obesitas.

5. Teh hijau dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke, merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Studi menunjukkan, teh hijau dapat meningkatkan kapasitas antioksidan darah yang melindungi partikel kolesterol jahat dari oksidasi, yang merupakan salah satu bagian dari jalur menuju penyakit jantung.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU