Ini 5 Manfaat Meminum Air Kelapa Bagi Kesehatan

author firman fachrudy

- Pewarta

Sabtu, 31 Des 2022 10:04 WIB

Ini 5 Manfaat Meminum Air Kelapa Bagi Kesehatan

Optika.id - Air kelapa merupakan cairan yang berada di dalam kelapa hijau muda. Air kelapa telah lama menjadi minuman populer di wilayah tropis khususnya di Indonesia, Manfaat air kelapa muda bisa didapatkan untuk kesehatan maupun kecantikan, selain itu, air kelapa muda juga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Maka tidak heran apabila banyak orang menyukai kelapa muda.

Baca Juga: Punya Penyakit Batu Empedu? Cegah dengan 3 Makanan Ini

Melansir Healthline, Sabtu (31/12/2022), kandungan utama air kelapa adalah air. Satu buah kelapa muda biasanya bisa menyediakan setengah sampai segelas air kelapa. Kandungan nutrisi dari satu cangkir atau 240 mililiter air kelapa yakni memberikan asupan vitamin C, magnesium, mangan, kalium, kalsium, dan rendah kalori.

Berikut ini, 5 Manfaat meminum air kelapa:

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit yang menyangkut pencernaan. Air kelapa diklaim akan mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan sebagai obat diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Manfaat air kelapa muda berguna saat kamu terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi. Air kelapa mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

Bantu melawan radikal bebas

Baca Juga: 3 Hal yang Menyebabkan Kulit Menjadi Kering, Kamu Harus Tau!

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dihasilkan tubuh selama metabolisme. Produksi radikal bebas meningkat ketika tubuh dilanda stres atau cedera. Melonjaknya radikal bebas di dalam tubuh bisa menyebabkan stres oksidatif yang bisa merusak sel sehat dan meningkatkan risiko penyakit kronis. Beberapa studi pada hewan menunjukkan, antioksidan dalam air kelapa bisa melawan radikal bebas dari tikus yang terpapar racun, mengalami kerusakan hati karena stres oksidatif, dan diabetes.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menghilangkan Dehidrasi

Manfaat air kelapa muda yang selanjutnya adalah dapat membantu menghilangkan dehidrasi. Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh. Selain itu, kelapa muda juga memiliki kandungan elektrolit yang tinggi yang dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh kita pada saat kita beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Gerakan Shalat, yang dapat Mencegah Penyakit Diabetes Melitus, Kamu Harus Tau

Menurunkan Berat badan

Manfaat air kelapa muda yang selanjutnya adalah sebagai bahan alami yang dapat menurunkan berat badan. Manfaat air kelapa muda biasanya dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai bahan alami penurun berat badan tidak akan menimbulkan efek samping

Dapat menurunkan tekanan darah

Khasiat air kelapa yang potensial lainnya yakni membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Satu penelitian kecil menyebutkan, penderita hipertensi yang rutin minum air kelapa memiliki tekanan darah sistolik yang lebih terkontrol. Menurut ahli, hal itu dipengaruhi kandungan kalium yang relatif tinggi dalam air kelapa.

Editor : Pahlevi

Tag :

BERITA TERBARU