Dapat Menjaga Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

author firman fachrudy

- Pewarta

Sabtu, 31 Des 2022 12:23 WIB

Dapat Menjaga Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Optika.id - Bawang merah merupakan salah satu jenis bawang merah yang tersebar luas di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sama seperti bawang putih, bawang merah sering digunakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa masakan.

Baca Juga: Tips Ampuh Mengatasi Batuk dan Pilek dengan Bahan-bahan Alami

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang sering ditambahkan untuk penyedap masakan. Selain sebagai bumbu masakan, bawang merah memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Bukan rahasia lagi jika bawang merah sering digunakan untuk tujuan kesehatan. Padahal, bumbu dapur ini mengandung zat antibakteri dan antiseptik yang bisa menjaga kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan rahasia dari bawang merah.

Menurunkan Kolesterol

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Hal ini terbukti pada wanita yang mempunyai kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS), mempunyai tingkat kolesterol jahat yang rendah setelah mengonsumsi bawang merah, dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi bawang merah.

Menjaga fungsi ginjal

Manfaat bawang merah lainnya adalah menjaga fungsi ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah mampu menurunkan kadar asam urat dan kadar kreatinin di dalam tubuh, sehingga kesehatan ginjal pun lebih terjaga.

Meski demikian, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas bawang merah untuk menjaga fungsi ginjal masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: Ada Kandungan Bromat Berbahaya di Air Mineral, Pakar UGM: Jangan Asal Percaya Influencer

Menjaga kesehatan jantung

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Studi menunjukkan bahwa kandungan nutrisi dalam bawang merah dapat mencegah penggumpalan darah dan mengurangi penumpukan lemak jahat atau kolesterol dalam pembuluh darah. Selain itu, bawang merah juga mengandung allicin, yaitu senyawa sulfur organik yang dapat melebarkan pembuluh darah.

Perpaduan manfaat tersebut menjadikan kucai baik dikonsumsi untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Imunitas

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah dapat memperkuat sistem imun tubuh. Hal ini didapat dari kandungan selenium yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem imun yang sehat, berbagai ancaman dari virus, bakteri dan patogen penyebab penyakit tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh. Hasilnya, tubuh lebih terlindungi dari serangan penyakit.

Baca Juga: Benarkah Kadar Kolesterol di Buah Durian Tinggi?

Menjaga Kesehatan Mata

Bawang merat ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang merah, mampu meningkatkan kesehata mata.

Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan.

Vitamin E yang terkandung pada bawang merah sangat baik untuk mata. Untuk itu, bawang merah baik dikonsumsi sejak dini agar kesehatan mata dapat terjaga.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU