Tak Hanya untuk Perlancar Pencernaan, ini 5 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

author firman fachrudy

- Pewarta

Sabtu, 31 Des 2022 12:41 WIB

Tak Hanya untuk Perlancar Pencernaan, ini 5 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Optika.id - Pepaya adalah buah yang dapat memulai proses pencernaan tubuh manusia. Namun tidak hanya itu, ternyata buah pepaya juga dapat memberikan manfaat lainnya seperti membantu dalam melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Baca Juga: Punya Penyakit Batu Empedu? Cegah dengan 3 Makanan Ini

Buah pepaya sendiri memiliki bentuk agak lonjong, kulitnya lebar berwarna kuning kehijauan, rasanya sangat manis Diketahui bahwa pepaya tidak hanya kaya akan vitamin A, B, dan C. Kandungan enzim proteolitik seperti papain dan chymopapain pada pepaya juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Selain itu, kebanyakan orang mengenal pepaya sebagai buah anti sembelit atau hanya untuk perlancar pencernaan. Nyatanya, manfaat pepaya tidak hanya itu saja

Berikut adalah beberapa manfaat buah pepaya selain digunakan untuk melancarkan pencernaan tubuh manusia.

Kesehatan rambut

Pepaya juga diketahui bisa membantu menjaga kesehatan rambut khususnya dari rambut rontok dan ketombe. Daging buah ini bisa digunakan sebagai masker rambut untuk menyuburkan rambut kita.

Memperkuat sistem imun

Manfaat buah pepaya yang lain yaitu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang tinggi sehingga itulah kandungan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca Juga: 3 Hal yang Menyebabkan Kulit Menjadi Kering, Kamu Harus Tau!

Membunuh parasit pada usus

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Biji buah pepaya berfungsi untuk membinasakan parasit amuba yang terletak pada organ tubuh manusia. Kandungan karpain pada buah ini dapat membantu membunuh kuman berbahaya pada saluran pencernaan.

Menjaga kesehatan mata

Salah satu kandungan nutrisi dalam buah pepaya adalah vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin A dalam buah pepaya juga dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan penglihatan seperti degenerasi makula

Menjaga kesehatan kulit

Baca Juga: Manfaat Gerakan Shalat, yang dapat Mencegah Penyakit Diabetes Melitus, Kamu Harus Tau

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah pepaya juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Berbagai kandungan nutrisi dalam buah pepaya mampu membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. Misalnya, enzim papain yang dapat melembutkan kulit serta vitamin A dan C yang dapat mengurangi kerutan dan memudarkan bintik hitam.

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu tubuh menghasilkan kolagen yang dapat mengurangi keriput di kulit.

Aktivitas radikal bebas yang berlebihan dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, kulit kendur, dan kerusakan lain seiring bertambahnya usia.

Adanya kandungan vitamin C dan likopen dalam buah pepaya dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan tersebut dan menjaga kesehatan kulit.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU