Bisa Menambah Nafsu Makan, Ini Manfaat Konsumsi Temulawak Bagi Kesehatan

author firman fachrudy

- Pewarta

Sabtu, 31 Des 2022 20:52 WIB

Bisa Menambah Nafsu Makan, Ini Manfaat Konsumsi Temulawak Bagi Kesehatan

Optika.id - Jika dicermati manfaat temulawak memang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya. Ini adalah tanaman yang terkait dengan banyak pangkal daun integral, batang semu, hidup berkelompok dan tumbuh setiap tahun.

Baca Juga: Langkah Pertama Cara Mengecek Usus Buntu Sendiri

Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa temulawak mengandung berbagai senyawa sehat seperti terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorizole. Berbagai senyawa aktif tersebut diketahui memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antikanker, dan antidiabetes.

Rimpang dan akar utama temulawak merupakan bagian yang paling berkhasiat dan mengandung senyawa paling aktif. Oleh karena itu, bagian ini sering dihilangkan dan digunakan untuk pengobatan.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi temulawak bagi kesehatan tubuh.

Memperkuat imunitas tubuh

Salah satu manfaat utama temulawak adalah memperkuat daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari beragam nutrisi serta antioksidan yang dapat membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat juga bisa membuat Anda jarang sakit.

Baca Juga: 6 Manfaat Mandi Air garam yang harus Kamu Tau!

Manambah nafsu makan

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Cara : Siapkan temulawak sebanyak 25 gram, gula merah dan asam jawa sebanyak 10 gram lalu siapkan air sebanyak 600 cc untuk mendidihkannya sampai tersisa setengahnya. Saringlah ramuan ini sebelum anda minum secara rutin selama sehari 2 kali

Menjaga kesehatan dan fungsi hati

Beberapa studi ilmiah mengungkapkan bahwa temulawak bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi hati serta mengurangi peradangan pada hati. Ini diduga berkat efek antioksidan dan antiradang yang terdapat pada temulawak.

Meski demikian, jika ingin menggunakan temulawak sebagai pengobatan untuk penyakit hati, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Tips Ampuh Mengatasi Batuk dan Pilek dengan Bahan-bahan Alami

Menjaga Kesehatan Liver

Dilansir dari scientific researh journal ekstrak temulawak terbukti memiliki manfaat dalam melindungi hati dari hepatotoksin, seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen.

Hepatotoksin adalah bahan kimia yang penyebabkan efek buruk pada hati.

Dengan begitu, temulawak menjadi salah satu bahan alami yang bisa dijadikan pilihan untuk membantu menjaga kesehatan hati anda. Dan banyak lagi manfaat temulawak untuk kesehatan.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU