Bagian Spare Part Mobil yang Harus Diganti Saat Servis, Apa Saja? Yuk Simak Berikut ini

author Dimas Angga Pratama

- Pewarta

Jumat, 20 Jan 2023 00:25 WIB

Bagian Spare Part Mobil yang Harus Diganti Saat Servis, Apa Saja? Yuk Simak Berikut ini

Optika.id - Idealnya mobil sama halnya seperti sepeda motor, sama-sama memerlukan perawatan agar tidak terjadi mogok atau trouble saat digunakan.Ada pepatah yang mengatakan, sebelum hujan sediakan payung. Nah ini sama halnya seperti kita memakai kendaraan agar tidak mogok, maka perawatan harus diperhatikan.

Baca Juga: Anak Muda Candu Main Mobile Legend

Bagi pemilik mobil wajib membuat jadwal atau membuat catatan berdasarkan speedo kilometer atau anjuran service setiap 6 bulan sekali. Jika mobil tidak di service sesuai jadwal maka tarikan mobil terasa berat.

Dikutip dari hondabintangmadiun.co.id, Jumat (20/1/2023) saat servis yang harus diganti adalah:

1.Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas di dalam ruang mesin agar kinerjanya menjadi lancar tanpa hambatan. setiap 10.000km harus melakukan pergantian. Jika tidak diganti oli bisa menyusut, sebab oli di dalam ruang mesin mengalami pergesekan gear.

2.Filter Oli

Filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dari mesin. Filter ini harus diganti setiap Sobat melakukan pergantian oli mesin. Langkah ini penting untuk menghindari gumpalan oli yang terjadi secara akumulatif.

3.Busi

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Busi berguna untuk membakar bahan bakar yang terkompresi dan menciptakan ledakan di ruang bakar. Di sarankan saat pergantian busi pada 20.000km

4.Oli Power Steering

Minyak power steering sebaiknya diganti setiap 30.000 kilometer dan kuras di interval 50.000 kilometer. Minyak power steering membantu mereduksi perputaran setir yang berat ketika berbelok. Jika Sobat mendengar suara aneh saat ketika membelokkan setir, itu adalah pertanda minyak power steering harus segera diganti.

5.Kampas dan Minyak Rem

Jika saat melakukan pengereman kemudian muncul suara berdecit Ini merupakan indikasi kampas rem mobil sudah tipis bahkan minyak rem sudah habis. Disarankan mengganti setiap 40.000-50.000km.

6.Rotasi Ban seperti Spooring dan Balancing

Ban yang kerap melakukan pengereman cenderung lebih cepat aus, selain itu keempat roda ban juga perlu dilakukan pengecekan. Spooring dan Balancing diperlukan untuk merotasi keempat roda agar seimbang. Disarankan setiap 10.000km harus spooring dan balancing.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU