Pasangan AMIN Ingin Wujudkan 14 Kota Dinamis Jakarta untuk RI

author Dani

- Pewarta

Sabtu, 18 Nov 2023 12:52 WIB

Pasangan AMIN Ingin Wujudkan 14 Kota Dinamis Jakarta untuk RI

Optika.id - Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) memaparkan gagasan pemerataan kemajuan kota di Indonesia. Setidaknya ada 14 kota yang didorong bisa lebih maju dan dinamis seperti Jakarta.

Co-Captain Timnas Pemenangan AMIN Thomas Trikasih Lembong mengatakan, Indonesia yang memiliki 17 ribu pulau dengan banyak kota yang harus pula berkembang bersama menjadi perhatian pasangan capres-cawapres nomor urut satu ini.

Baca Juga: Ini Prioritas Anies Jika Kembali Terpilh Gubernur Jakarta, Apa itu?

Menurut dia, sejauh ini kondisi kota-kota di Indonesia masih timpang dan belum merata, masih jauh dari ideal. “Setidaknya siap mewujudkan 14 kota sebagai motor penggerak ekonomi,” kata Thomas Lembong saat menjadi pembicara kunci melalui zoom dalam Indonesian Future Stadium Generale di Magister Manajemen UGM, Jumat, (17/11/2023).

Menteri Perdagangan 2015-2016 ini mengatakan, paling tidak dua kota di pulau besar Indonesia harus berkembang maju. Hal itu bisa membawa dampak pada gerak kota di sekitarnya.

“Misal dua kota di Sumatera, dua di Kalimantan, dua Sulawesi, dua di Papua, di Jawa juga demikian. Kalau ada 14 kota sedinamis Jakarta baik untuk kualitas jasa pendidikan, kesehatan, keuangan, hiburan dan ekonomi kreatif maka akan sangat luar biasa,” jelasnya.

Baca Juga: PDIP Masih Punya Peluang Usung Anies di PIlkada Jakarta

Saat ini yang terjadi ada superhub, seperti Jakarta. “Sekadar contoh, warga Kalimantan mau ke Sulawesi harus terbang dulu ke Jakarta baru terbang ke Sulawesi. Ini harus diubah untuk membangun hub daerah. Penerbangan lokal, tak harus ke Jakarta baru ke tempat tujuan,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Balikpapan harus ada penerbangan reguler di kota lain di Kalimantan,” imbuhnya.

Baca Juga: Soal Putusan MA, Anies: Aturan yang Diubah di Tengah Jalan!

Di sisi lain, transportasi laut atau tol laut dari pemerintahan Presiden Jokowi sebenarnya konsepnya sudah luar biasa. “Sebaiknya ini harus diteruskan untuk memeratakan angkutan logistik ke seluruh daerah kepulauan Indonesia,” jelasnya.

Dalam acara Indonesian Future Stadium Generale bertema Finding Justice Development Path for the Future of Indonesia: Promoting Jakarta Kota Kolaborasi as a Pioneer of Global Sharing City tersebut, hadir pula beberapa pembicara seperti Tri Mulyani dari Urban Planning and Development UGM juga Elisa Sutanudjaya dari Rujak Urban Studies.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU