Survei Indikator: Anies Pemenang Debat Capres

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Selasa, 26 Des 2023 18:50 WIB

Survei Indikator: Anies Pemenang Debat Capres

Optika.id - Anies Baswedan, Capres Nomor Urut 1, menang dalam debat capres pertama yang diadakan oleh KPU RI pada (12/12/2023) kemarin. Sedangkan, Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo masih kalah dari Anies Baswedan dalam debat capres.

Itu hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia (IPI) yang berjudul “Peta Elektoral Pasca-Debat Capres dan Cawapres” yang dipublikasikan hari ini secara online, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga: Pesan Anies ke Relawan, Perjalanan Masih Panjang

“Kalau ditanya antara penonton debat, siapa yang dianggap paling baik dalam acara debat tanggal 12 Desember itu? Lead 35,5 persen menganggap Anies Baswedan, debat capresnya, unggul siginifikan. Untuk Prabowo (28,9 persen) dan Ganjar (26,9 persen) itu selisihnya tipis, tidak signifikan,” papar Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi saat menjelaskan hasil surveinya.

Baca Juga: Anies Tegaskan Pemilu Ini Belum Tentu Satu Putaran

Walaupun Anies unggul, Burhanuddin menyatakan bahwa perbedaan persentase Prabowo dan Ganjar tidak terlalu besar hanya sekitar 2 persen. Dalam hal ini Prabowo sedikit dianggap oleh masyarakat lebih unggul dari Ganjar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Secara absolut Prabowo dianggap sedikit lebih baik penampilannya dibanding Ganjar, tapi Anies overall dianggap sebagai pemenang debat capres,” lanjut Burhanuddin.

Baca Juga: Gerindra Sebut Koalisi dengan Kubu 01 dan 03 Berpotensi dapat Terjadi

Survei IPI ini dilakukan pada medio 23-24 Desember 2023, dengan menggunakan metodologi kombinasi Random Digit Dialling (RDD) dan Double Sampling (DD) yang melibatkan 1217 responden. Survei IPI ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan Margin of Error (MoE) 2,9 persen.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU