Anies Tepis Isu Koalisi Perubahan Tak Gugat ke MK!

author Dani

- Pewarta

Kamis, 28 Mar 2024 08:41 WIB

Anies Tepis Isu Koalisi Perubahan Tak Gugat ke MK!

Jakarta (optika.id) - Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan menegaskan bahwa partai pengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) yakni partai NasDem, PKB, dan PKS tetap mendukung Tim Hukum Nasional AMIN pada gugatan pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya rasa bisa dicek terkait dengan partai pengusung semuanya mendukung proses pengajuan ini ke MK jadi clear di situ semua berikan dukungan dan mengawal secara langsung,” ucap Anies kepada media di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, (27/3/2024). 

Baca Juga: Jubir AMIN: Putusan MK Besok Dihadiri Pak Anies-Muhaimin

Anies berharap tidak ada lagi pernyataan bahwa Koalisi Perubahan tidak solid. Anies pun meminta kepada media untuk mengecek kebenaran tersebut. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan alasanya lebih memilih ke MK ketimbang hak angket.

“Jdi tidak ada pertanyaan terkait proses di MK ini apakah didukung atau tidak didukung sepenuhnya. Silakan nanti anda cek konfirmasi juga ya dan mengapa kita memilih ke MK, karena kita ingin agar konstitusi kita terjaga pelaksanaannya,” imbuh Anies.

“Itulah sebabnya kita datang ke majelis yang mulia ini. Ini adalah mahkamah tertinggi yang menjaga praktek konstitusi yang kita saksikan beberapa waktu terakhir ini adalah terjadinya penyimpangan-penyimpangan dan penyimpangan-penyimpangan ini sebagian besar terjadi pra pencoblosan,” sambungnya.

Capres 01 ini menegaskan pelaksanaan pemilu kemarin sudah terlihat penyimpangan sebelum pencoblosan. Sehingga dengan melakukan gugatan ke MK, Anies berharap keadilan dari Majelis Hakim di MK. Dia pun menepis gugatan ini bukan semata-mata hanya kepentingan paslon 01.

“Bukan justru pada hari pencoblosan dan sesudahnya. Walaupun ada, tapi porsi yang terbesar adalah pra pencoblosan dan kami melaporkan ke sini mengharapkan keadilan dari majelis hakim di MK bukan semata-mata untuk kepentingan paslon nomor 1 nomor 2 nomor 3,” jelasnya.

“Tapi untuk mengembalikan rel perjalanan konstitusi bangsa kita. Jangan sampai kita meleset, jangan sampai kita tergelincir, karena perjuangan menghadirkan demokrasi itu luar biasa,” sambungnya.

Baca Juga: Tunggu Putusan Pilpres, Anies: Dampaknya Besar bagi Kehidupan!

Anies meminta jangan sampai peristiwa pemilu, pilpres yang penuh dengan penyimpangan ini kemudian menjadi kebiasaan baru, budaya baru, akhrinya jadi karakter bangsa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Itulah sebabnya kita ke MK karena ini bukan persoalan teknis-teknis semata. Tapi ini soal mengembalikan marwah pelaksanaan konstitusi dan menjaga agar selalu berada di relanya yang tepat, itulah sebanya kami ke MK,” ungkap Anies.

Anies yakin bahwa pimpinan MK dan para hakim akan berani mengambil keputusan yang benar. Karena, kata Anies, nantinya akan berhadapan langsung dengan Tuhan Yang Maha Esa.

“Kami percaya kepemimpinan di MK ini dan para hakim di MK akan berani mengambil keputusan-keputusan yang benar, keputusan-keputusan yang adil, keputusan-keputusan yang jujur, keputusan-keputusan yang nanti akan dinilai di hadapan tuhan yang maha kuasa dan dinilai di hadapan generasi masa depan Indonesia, anak cucu kita,” jelasnya.

Baca Juga: Anies Berencana Datang Saat Putusan PHPU Pilpres

Dia ingin generasi masa depan bakal menengok ke peristiwa ini. Hingga mereka bersyukur konstitusi terjaga dengan baik. Sehingga, kecurangan Pemilu 2024 tidak terulang lagi ddi pemilu, pilpres beriktunya.

“Kita berharap generasi masa depan akan menengok ke persitiwa ini dan mengatakan bersyukur alhamdulillah konstitusi kita terjaga. Kita kembali pada relnya, dengan apa? dengan tak membiarkan pelanggaran tak diberi sanksi, tidak membiarkan penyimpangan tak diberi sanksi. Tak diberi sanksi yang tegas, yang lugas sehinga ini tak terulang lagi,” pungkasnya.

 

 

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU