Anies-Rano Karno: Opsi Menarik Pilkada Jakarta!

author Dani

- Pewarta

Selasa, 09 Jul 2024 18:28 WIB

Anies-Rano Karno: Opsi Menarik Pilkada Jakarta!

Yogyakarta (optika.id) - Petinggi PDIP menyebut kemungkinan mendukung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta sekitar 70 persen. Nama yang digadang-gadang mendampingi Anies yakni Andika Perkasa, kader PDIP sekaligus Mantan Panglima TNI.

Ketua Lembaga Kebudayaan dan Lingkungan Hidup Yogyakarta Eko Dananjaya SH mengatakan memang banyak berharap pasangan Anies-Andika di Pilgub Jakarta. “Tapi ada juga memberikan pandangan bahwa duet Anies-Rano Karno juga bagus. Ini sebagai alternatif jika Andika ditugaskan di Pilkada Jateng,” katanya, Selasa, (9/7/2024). 

Baca Juga: Elektabilitas Anies Jauh Unggul dari Litbang Kompas

Eko pun melihat Anies-Rano Karno juga berpeluang memenangi Pilgub Jakarta. Anies membuktikan pengalamannya memimpin Jakarta periode 2017-2022, Rano Karno menjadi Wakil Gubernur dan Gubernur Banten (2012-2017) serta anggota DPR RI dari Fraksi PDIP. “Keduanya, baik Anies dan Rano Karno berpengalaman di bidang pemerintahan,” katanya.

Selain itu, kata dia, Rano Karno juga merupakan kader PDIP yang sudah cukup lama. Berbeda dengan Andika yang bisa dianggap sebagai new comer di PDIP.

Terakhir, Rano Karno dinobatkan sebagai Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDIP yang belum lama ini diumumkan Sekjend Hasto Kristiyanto. “Saya kira Rano Karno sudah mengakar di kalangan akar rumput PDIP,” ungkapnya.

Baca Juga: PKS-PDIP Diyakini Solid Dukung Anies di Pilgub Jakarta!

Aktivis HAM dan Demokrasi ini juga menilai, Rano Karno juga melekat di masyarakat Jakarta, khususnya Betawi. “Karena bagaimana Rano Karno dalam serial Si Doel Anak Betawihingga kini masih membekas dalam memori masyarakat Jakarta,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Ini masuk dalam ranah psikologis, bahwa Rano Karno, seperti sudah menjadi ikon Betawi,” imbuhnya.

Baca Juga: Jazilul PKB: Jakarta Eranya Anies Baswedan!

Menurut Eko, duet Anies-Rano Karno berdasarkan fakta-fakta yang ada, berpeluang mampu mendulang suara yang besar. Mungkin lebih besar dibanding duet Anies-Sohibul Iman atau Anies-Andika.

“Mungkin saat ini nama Rano Karno belum masuk dalam popularitas dan elektabilitas di Pilgub Jakarta, namun gagasan ini menarik juga. Anies dan Rano punya kesamaan, sama-sama suka menggeluti kebudayaan,” jelasnya.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU