Kolaborasi ASKONAS dan PMPI Wujudkan Kemandirian Ekonomi Berbasis Ecogreen Bagi Masyarakat Indonesia

author Dani

- Pewarta

Kamis, 11 Jul 2024 21:54 WIB

Kolaborasi ASKONAS dan PMPI Wujudkan Kemandirian Ekonomi Berbasis Ecogreen Bagi Masyarakat Indonesia

Surabaya (optika.id) - Kemandirian ekonomi menjadi suatu hal yang begitu penting bagi kehidupan saat ini. Seminar Kemandirian Ekonomi yang diselenggarakan oleh PMPI (Persatuan Mahasiswa Petanesia) berkolaborasi dengan ASKONAS (Asosiasi Kontraktor Nasional) bertajuk "Penguatan Ekonomi Berbasis Ecogreen dan Implementasi Dalam Menghadapi Darurat Lahan Hijau" menjadi salah satu bentuk pendidikan dan sosialisasi bersama kepada mahasiswa.

Seminar yang diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya, pada tanggal 11 Juli 2024 ini seolah mengingatkan kembali, tentang bagaimana cara untuk mandiri secara ekonomi serta memanfaatkan lahan untuk kebermanfaatan.

Baca Juga: Dukung Road Map Digital Kominfo, Stikosa-AWS Selenggarakan Seminar Nasional Pengabdian Literasi Digital

Acara ini dihadiri oleh 200 orang mahasiswa dari Kota Surabaya. Dalam kegiatan tersebut menghadirkan perwakilan ASKONAS yang diwakili langsung oleh M Lutfi Setiabudi.

Sebagai bentuk untuk memberikan implementasi terhadap perekonomian berbasis ecogreen "Kita harus bisa memberikan yang terbaik untuk alal, terlebih pemanfaatan alam yang begitu melimpah ruah, tak boleh kita keterlaluan menyakiti alam, buatlah bahan yang bisa diproses secara daur ulang" ujat Ketua DPP ASKONAS tersebut.

Selain dari ASKONAS, narasumber yang lain juga tak kalah hebatnya, Ir. Intan Pranandari, S.Si, IPM, CBC, CTC yang merupakan seorang bussines woman, woman entreprenur, dan masih banyak atribusi lain yang dapat disematkan kepada beliau juga menuturkan.

"Kita sebagai pemuda harus memiliki afirmasi positif, karena seringkali yang menghambat kita untuk maju ke depan dalam melangkah adalah mindset kita, jadi harus berpikir positif dulu, baru melakukan sesuatu", tutur Ibu yang akrab dipanggil Aisyah ini.

Lain halnya, dalam bidang pembangunan, terutama pembangunan rumah, Lutfi berharap untuk melakukan penerapan green building dalam program yang akan dibawa oleh Pemerintah terpilih dalam program tiga juta rumah per tahun.

"Kontraktor juga ada pembinaan terkait pemanfaatan bahan daur ulang, tentunya dengan menggandeng ahli struktur dan teknik sipil dalam implementasinya" ungkap Lutfi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pernyataan tambahan juga disampaikan oleh Lutfi "Sebagai Askonas kita tidak menutup diri untuk berkolaborasi dengan siapapun, terutama dengan kawan - kawan PMPI, mahasiswa yang menjadi penggerak rasa cinta terhadap tanah air" ucap Ketua Umum Askonas tersebut.

Sebagai penyelenggara acara, sekaligus Ketua DPW PMPI Jawa Timur, Ahmad Yusuf Alkhakim memberikan pernyataannya terhadap awak media.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai reminder kepada kita semua, tentang pentingnya stabilitas ekonomi. Kemandirian ekonomi yang menjadi tema kegiatan ini menjelaskan bahwa setiap individu harus mampu untuk hidup mandiri" ujar Yusuf.

"Selain itu, mahasiswa harus disadarkan kembali bahwa memulai usaha harus dibarengi dengan afirmasi positif seperti yang disampaikan oleh narasumber sebelumnya" tambah Ketua DPW PMPI Jatim ini.

Harapan yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa pada kegiatan ini, terutama oleh PMPI menyatakan "Kolaborasi dengan Askonas atas dasar kebutuhan PMPI dalam mengimplementasikan kemandirian ekonomi, terlebih bagi organisasi yang beranggotakan mahasiswa lintas agama ini sangatlah penting untuk pemberdayaan organisasi ke depannya" pungkas Yusuf.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU