Bupati Ipuk Tegaskan Tak Boleh Ada Kegiatan Kerumunan Saat Nataru

Reporter : Jenik Mauliddina
Dok: Humas Pemkab Banyuwangi

Optika.id, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani memimpin langsung apel pasukan operasi lilin pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2022, di Pelabuhan ASDP Ketapang, Kamis (23/12/2021). 

Bupati ipuk menegaskan, meski pemerintah melonggarkan perayaan Natal dan Tahun Baru tahun ini, ia menegaskan, tidak boleh ada kegiatan atau event yang dapat mengundang kerumunan massa. 

Baca juga: Etika Mengirim Undangan Online agar Rapi & Sopan

"Tidak boleh ada event yang sifatnya pesta, termasuk kembang api maupun kegiatan yang mengundang kerumunan," tegasnya.

Sebanyak 1.700 personil gabungan disiapkan untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2022 di Banyuwangi.

Ipuk melanjutkan, Selama libur Nataru, destinasi wisata diperbolehkan untuk beroperasi. Dengan catatan tetap harus mengedepankan protokol kesehatan.

"Harus ada pembatasan pengunjung, juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Prokes juga harus diperketat, Kita tetap harus waspada, agar tidak ada penularan atau klaster baru Covid-19," ujarnya.

Sementara Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, terdapat 25 pos pengamanan salah satunya ialah pos pengamanan di Pelabuhan ASDP Ketapang. 

"ke Bali harus melampirkan surat keterangan sudah divaksin COVID-19 dosis kedua. Bagi yang belum kita sediakan pelayanan vaksinasi. Jadi bisa langsung vaksin di tempat," jelasnya

Baca juga: Ingin Liburan Terjamin dan Aman? Coba Asuransi Ini!

Tak hanya itu, tim gabungan juga akan melakukan patroli untuk memastikan tidak ada kerumunan masa saat malam Tahun Baru di titik-titik rawan seperti alun-alun, mal, dan tempat lainnya akan kita pantau agar tidak ada kerumunan. 

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Anshori juga menyiapkan dua kapal milik TNI AL dalam mendukung operasi Lilin Semeru 2021. 

"Ada Kapal AL Tabuhan dan Kapal AL Rajegwesi yang kita siapkan untuk pengamanan laut. Juga nanti ada kapal dari Basarnas dan stakeholder pelayaran Banyuwangi dalam upaya menjaga Selat Bali," pungkasnya. 

Baca juga: Ini Tips Cerdas Kelola Finansial Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Reporter: Jeni Maulidina

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru