Bengkel Muda Surabaya Buat Pelatihan Sastra

Reporter : optikaid
Bengkel Muda Surabaya Buat Pelatihan Sastra

Optika.id. Surabaya. Bengkel Muda Surabaya, wadah seniman Surabaya, buat pelatihan sastra secara gratis. Nama programnya Baca Sastra Bengkel (BSB). BSB memberi kesempatan kepada semua masyarakat yang ingin belajar membaca, menganalisis, dan menulis sastra. 

Kami ingin belajar bareng baca sastra dan nulis sastra dengan masyarakat, kata Heroe Budiarto, Ketua Bengkel Muda Surabaya (MBS), kepada Optika.id Ahad, 9/1/2022. Heroe, Ketua BMS, merasakan iklim sastra dewasa ini menurun karena hingar bingar politik dan ekonomi. Lewat program BSB ini diharapkan membuka kembali iklim berkesenian dan sastra marak kembali, urainya.

Baca juga: Kepala Dinas Budporapar: di Kelas Ini Boleh Bicara Apa Saja, Baca Sastra Bengkel Muda Surabaya Dimulai

Program pelatihan sastra BSB diselenggarakan oleh MBS, Dinas Budaya, Kepemudaan dan Keolahragaan, dan Pariwisata Surabaya, dan koran digital Optika.id. Semua masyarakat yang berpendidikan minimal SLTA boleh mendaftar dan gratis. Tidak dipungut biaya. 

Mentor

Pelatihan BSB diajar dan dipandu oleh beberapa sastrawan terkenal dan dosen ahli sastra. Mereka adalah Dr Adi Sedijowati, Dr Sirikit Syah, Dr Tengsoe Tjahjono, Wina Bojonegoro,Zoya Herawati, Don Aryadien, Anang Hanani, Heroe Budiarto, Dindy Indiyati, dan Aribowo.

Para sastrawan dan dosen sastra itu akan memandu, melatih, dan mengarahkan cara menulis dan menganalisis sastra. Model pembelajarannya secara workshop. Output dari workshop ini adalah karya, baik dalam bentuk esei/artikel atau fiksi sastra. Semua karya peserta BSB bakal dimuat di Optika.id

Baca juga: Bengkel Muda Surabaya Gelar "Bulan Purnama Lagi"

Peserta dan Cara Mendaftar

Menurut rencana pelatihan (workshop) BSB diselenggarakan akhir Januari 2022. Jika peserta banyak dan harus dimanaje dengan baik kelasnya maka bisa mulai awal Februari 2022. Pelatihan diselenggarakan dalam jangka waktu 3 bulan dengan 12 X tatap muka. Pelatihan 1 minggu sekali.

Kami memanggil mahasiswa, dosen, guru, wartawan atau jurnalis, LSM, murid SLTA dan sebagainya segera mendaftar. Bisa datang langsung ke Sekretariat BMS, jln Gubernur Suryo 15 Surabaya atau mengisi google form yang tersedia, himbau Heroe. 

Yang berminat bisa mendaftar melalui WhatsApp ke nomor 085732000380 (Cak Anam) dan 08175080122 (Mbak Ndindy). Juga langsung mengisi google form di bawah ini

Baca juga: Bengkel Muda Surabaya Buat Pelatihan Sastra Gratis

Klik Link Pendaftaran Bengkel Muda

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru