Dinkopdag Surabaya Antisipasi Adanya Kelangkaan Bahan pokok

Reporter : angga kurnia putra
622ec72d5db79

Optika.id-Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya menjalin kerja sama dengan PD Pasar Surya guna mengantisipasi kelangkaan kebutuhan bahan pokok di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos di Surabaya, Minggu, mengatakan pihaknya intens melakukan monitoring ketersediaan bahan pokok.

Baca juga: Jelang Pendaftaran Pilgub Jatim, Pasangan Khofifah-Emil Belum Ada Penantang!

"Sebab, jika bahan pokok mengalami kelangkaan, maka dapat berdampak pada kenaikan harga," kata dia, Minggu (31/7/2022).

Oleh karena itu, koordinasi dengan PD Pasar Surya maupun pemerintah daerah yang selama ini menjadi penyangga Kota Surabaya diperlukan agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan.

Yos mengakui, pasca-Hari Raya Idul Adha, sejumlah bahan pokok sedikit mengalami kenaikan harga seperti di antaranya cabai merah. Kenaikan harga itu salah satunya disebabkan karena terjadinya kelangkaan.

"Sekarang sudah stabil dan pasokan aman. Setelah ada kelangkaan harganya naik, itu kami gandeng daerah-daerah sekitar, ayo kamu punya tanaman apa, seperti cabai, sayur-sayuran, kirim ke Surabaya," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan pantauan harga di Pasar Wonokromo dan Pasar Keputran, Surabaya pada Minggu. Mendag juga melakukan tinjauan ke pasar tradisional di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu (30/7).

Baca juga: Awal Agustus, PDIP Jatim Akan Umumkan Sosok yang Diusung untuk Pilgub Jatim!

"Rata-rata sudah stabil harganya, sudah turun. Jadi sama, posisinya di Kupang, di Surabaya dan di daerah lain sudah stabil," kata Yos panggilan lekatnya.

Adapun hasil pantauan Mendag untuk harga kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional Kota Surabaya yakni harga bawang untuk grosir antara Rp25.000 sampai Rp28.000 per kilogram. Dari harga tersebut, pedagang menjualnya di bawah Rp40.000, bisa Rp35.000 ke pengecer.

Selain bawang, harga cabai merah juga stabil, baik itu cabai rawit maupun cabai merah besar rata-rata harganya di pasar Rp55.000. harga cabai awalnya Rp120.000, namun saat ini rata-rata sudah Rp55.000. Pedagang bisa menjual ke pengecer seharga Rp65.000 sampai Rp70.000 per kilogram.

Baca juga: Khofifah-Emil Masih Jadi Pertimbangan PDIP Jatim, Kenapa?

Reporter: Angga Kurnia Putra

Editor: Pahlevi 

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru