Pakar Ungkap Anies Baswedan Punya Kemampuan Manajemen Mumpuni

Reporter : Danny

Optika.id - Pakar manajemen dari kampus swasta ternama di Surakarta, Farid Wajdi menilai, bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan memiliki kemampuan manajemen yang mumpuni.

Baca juga: Hasto Soal Pilkada Jakarta, Masukan Rakyat Masih Didengarkan!

Dilihat dari kemampuan manajerial, Anies merupakan figur yang lengkap, tutur Farid Wajdi, Minggu (30/4/2023).

Dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) tersebut menyatakan, dalam teori manajemen disebutkan bahwa seorang figur pemimpin itu harus memiliki kemampuan interpersonal, kemampuan informasional dan kemampuan pengambilan keputusan.

Dari sisi kemampuan interpersonal, Anies mampu menjadi simbol seorangleaderdalam kapasitas intelektual, dalam kapasitas penampilan, dalam kapasitas simbol resmi suatu organisasi maupun suatu negara, ucap Farid Wajdi.

Dalam peran informasional, tambahnya, Anies Baswedan mampu menjadi komunikator yang baik dalam menyampaikan informasi. Yakni mengenai internal organisasi ataupun negara kepada pihak luar dengan sangat baik.

Baca juga: Pilgub DKI Jakarta 2024: Muncul Nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil Sampai Risma

Demikian juga dalam berkomunikasi menyampaikan informasi dari eksternal ke internal mampu dilakukan secara komunikatif. Sejak dari jajaran pemerintah maupun sampai kepada rakyat, ungkap pengajar pascasarjana ini.

Farid Wajdi juga mengatakan, dalam hal pengambilan keputusan Anies terbukti mampu mengeksekusi, mengalokasi berbagai kepentingan yang seringkali bertentangan satu sama lain.

Baca juga: Ini Prediksi Pakar Soal Putusan MK pada Sengketa Hasil Pilpres 2024

Dalam situasi seperti itu, kata dia, Anies bisa memberikan keputusan yang adil dan seimbang bagi sebuah pihak selama menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

Sebagai seorangleadermaupun manajer, Anies Baswedan merupakan figur yang kuat, berpengalaman dan berintegritas. Dilihat dari teori manajemen, Anies memang sangat menonjol, tegas doktor lulusan UKM Malaysia itu.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru