PAN Tegaskan Relawan ANIES Bukan Lagi Pengurusnya

Reporter : Eka Ratna Sari

Optika.id - Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Umum PAN, menekankan bahwa Sahrin Hamid dan lainnya yang mendeklarasikan kelompok relawan 'Amanat Indonesia' (ANIES) sebagai pendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024, bukan lagi menjadi pengurus PAN.

Baca juga: Hasto Soal Pilkada Jakarta, Masukan Rakyat Masih Didengarkan!

Viva menjelaskan bahwa mereka sebelumnya pernah menjadi pengurus PAN, tetapi telah lama tidak aktif dalam kegiatan partai.

"Hal tersebut merupakan sikap pribadi mereka dan tidak mewakili PAN secara keseluruhan. Viva menyatakan bahwa langkah mereka tidak berpengaruh signifikan dalam keluarga besar PAN dan hanya merupakan faktor yang kurang berarti," kata Viva, Minggu (7/5/2023).

Meskipun demikian, Viva menyebut bahwa langkah mereka tersebut adalah hak politik setiap warga negara. Namun, ia juga menekankan pentingnya etika dalam berorganisasi, agar sikap tersebut tidak menggunakan atribut atau lambang partai untuk tujuan politik.

Baca juga: Pilgub DKI Jakarta 2024: Muncul Nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil Sampai Risma

"Terkait dengan Pilpres 2024, PAN masih mengikuti keputusan Rakernas yang sepenuhnya mengikuti Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan," jelasnya.

Sebelumnya, Sahrin Hamid, mantan Ketua DPP PAN periode 2010-2015, memutuskan untuk membentuk relawan 'Amanat Indonesia' (ANIES) yang mendukung Anies. Selain Sahrin, mantan anggota DPR dari Fraksi PAN, Akmaldin Noor, dan M. Yasin Kara juga bergabung dalam kelompok relawan ini.

Baca juga: Ini Prediksi Pakar Soal Putusan MK pada Sengketa Hasil Pilpres 2024

Mereka mengklaim bahwa pengurus relawan ini telah tersebar di seluruh Indonesia. Rencananya, deklarasi relawan ini akan dilakukan di Istora Senayan Jakarta pada Minggu (7/5/2023) hari ini.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru