Ini Cara Atasi Kecemasan dengan Pernapasan Saja

Reporter : Uswatun Hasanah

Optika.id - Kecemasan atau bahasa lainnya adalah anxiety merupakan kondisi yang dapat menimpa siapa saja dan terjadi kapan saja, dimana saja. Tentu saja, kondisi ini bisa terjadi dikarenakan beberapa faktor.

Baca juga: 5 Cara Efektif Mengurangi Gangguan Kecemasan yang Mungkin Bisa Kamu Coba

Lebih daripada itu, untuk mengatasi kecemasan, hal pertama yang harus dilakukan oleh mereka yang terserang kecemasan yakni mencoba untuk menenangkan diri dan cara sederhananya yakni dengan mengatur pernafasan.

Menurut Psikolog Yudha Heka Satria dalam keterangannya, cara untuk mengatasi kecemasan bisa dengan metode 478 yang menurutnya efektif membantu mengatasi kecemasan yang tiba-tiba datang.

"Cobalah bernapas dengan tarikan empat detik, lalu tahan tujuh detik, dan hembuskan selama delapan detik," kata Yudha dalam keterangan yang dikutip Optika.id, Minggu (21/5/2023).

Metode tersebut menurut Yudha mampu membantu menenangkan pikiran serta membuat tubuh menjadi rileks, apalagi ketika perasaan cemas datang melanda secara tiba-tiba dan dalam situasi yang tidak memungkinkan.

Upaya lain untuk meredakan kecemasan yakni manipulasi visualisasi. Bukan dalam artian yang buruk, melainkan menenangkan pikiran dengan visualisasi hal yang membuat pikiran dan jiwa menjadi tenang dengan hal-hal yang disukai seperti, ketika kalian menyukai pantai yang merupakan tempat tenang bagi kalian, maka coba bayangkan pantai itu ke dalam pikiran.

Menenangkan pikiran menurutnya bisa membuat fokus kembali hadir dalam pikiran sehingga dapat melanjutkan kegiatan dengan normal kembali. Di sisi lain, dia menganjurkan agar untuk selalu memaksimalkan fungsi indera agar menenangkan pikiran serta fokus untuk mendapatkan kendali diri lagi.

Baca juga: Kamu Merasa Takut Bersosialisasi? Hati - Hati Kena Social Anxiety Disorder

"Caranya adalah dengan mencoba melihat sekeliling anda, ada benda apa di sana. Kalau anda melihat jam dan lampu, sebutkanlah. Gunakan indera anda, lihat dan sebutkan setidaknya lima benda," ucapnya.

Kalian yang dilanda kecemasan juga bisa menyentuh apapun yang berada di sekitar agar bisa merasakan benda apa yang disentuhnya dan kembali tenang, fokus dan bisa mengatur diri.

Kemudian, cara lainnya adalah mengenali aroma dan menghirup udara yang dikenal. Yudha menuturkan terapi indera ini bisa juga dilakukan dengan cara mendengarkan dan mengenali suara Cara ini efektif untuk membuat tubuh merasa rileks kembali.

Baca juga: Insecurity, Jadi Penyebab Utama Remaja Alami Depresi

Memaksimalkan indera untuk meredakan kecemasan ini berguna agar yang mengalami kecemasan bisa fokus dan kembali ke keadaan sekitar serta bisa tenang kembali.

"Selain itu, juga dapat dibantu dengan minum air putih, karena itu melengkapi semua indera supaya pikiran kita dapat kembali fokus," ujarnya.

Oleh sebab itu, Yudha juga menyarankan setiap individu agar tetap bisa mengendalikan emosi dan fokus terhadap tujuan awal agar rasa kecemasan hilang dengan segera.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Berita Terbaru