Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital

Reporter : Mudrikah Dewi

Optika.id - Pentingnya menjaga kesehatan mental di era digital tidak dapat diremehkan. Era digital membawa perubahan besar dalam segala aktivitas sehari-hari, seperti berinteraksi, bekerja, dan lain sebagainya, Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: Caleg Gagal Butuh Dukungan Moril dari Keluarga

Dalam dua dasawarsa terakhir, teknologi telah berkembang dengan sangat pesat, hal ini disebut sebagai revolusi teknologi informasi dan komunikasi. Revolusi yang tengah berlangsung ini telah membuat beberapa aspek dalam kehidupan sosial mengalami perubahan. Jika dulu informasi hanya tersedia lewat lembaga pendidikan dan media cetak, sekarang hampir semua orang dapat dengan mudah mengakses informasi dalam internet.

Di era digital ini setiap orang juga dimampukan untuk memproduksi serta mendistribusikan informasi dengan bebas. Teknologi memberikan manfaat yang luar biasa, seperti kemudahan akses informasi dan konektivitas global, penggunaan yang berlebihan atau tidak sehat dari teknologi ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental.

Selain manfaat dan dampak positif tersebut, tentu terdapat dampak negatif dari penggunaan teknologi. Melalui kebebasan berekspresi, banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab memberikan komentar-komentar negatif yang ditujukan untuk seseorang atau kelompok tertentu atau yang biasa disebut dengan cyberbullying. Tidak hanya itu, banyak berita yang tidak benar atau hoaks beredar melalui media sosial, hampir di seluruh kelompok usia candu terhadap gadget, dengan mengakses aplikasi seperti facebook, instragram, atau permainan secara online. Hal ini terkadang membuat mereka mengabaikan aktivitas lainnya.

Dampak negatif tersebut tentunya memiliki pengaruh buruk pada kesehatan mental seseorang.Kesehatan mental merupakan keseimbangan kehidupan dalam semua aspek, termasuk sosial, fisik, spritual, ekonomi dan juga mental. Jika seseorang tidak mampu menerima komentar-komentar negatif yang diterima terus-menerus melalui media sosial dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan mental.

Menurut UNICEF, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di era digital ini antara lain sebagai berikut.

1. Menggunakan sosial media untuk melakukan kebaikan

Sosial media dapat digunakan dalam hal kebaikan, seperti menyebarkan dan mendukung konten-konten positif. Jika mendapatkan komentar negatif dari media sosial sebaiknya diabaikan dan di blokir mereka dari media sosial kita.

Baca juga: Pemilu Sebabkan Banyak Orang Stres, Ini Cara Mengatasinya

2.Menggunakan media sosial untuk membantu meningkatkan kesehatan mental

Saat ini banyak tersedia aplikasi yang bisa didapatkan untuk membantu mengembangkan diri. Melalui aplikasi media sosial dapat diperoleh informasi kesehatan mental dan mendapatkan bantuan profesional jika kita membutuhkannya.

3.Lindungi diri dari orang lain secara online

Saat menggunakan media sosial, kita harus memastikan keamanan akun kita sehingga cukup baik untuk menjaga orang lain dapat mengakses akun anda.

4.Hindari hal-hal yang memperburuk emosi, pikiran dan tindakan kita

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Hidup Bisa Jaga Kesehatan Mental Lho! Bagaimana Caranya?

Hal yang dapat dilakukan antara lain adalah menghindari membaca berita yang mengganggu pikiran.

5.Istirahat sejenak dari media sosial

Cobalah untuk bermain dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman anda di dunia nyata, atau lakukan aktivitas-aktivitas positif seperti meditasi, berjalan-jalan, olahraga, dan lain-lain.

Mengutamakan kesehatan mental di era digital merupakan langkah yang sangat penting untuk memastikan keseimbangan dan kesejahteraan dalam hidup yang semakin terhubung secara digital. Dengan menerapkan langkah-langkah diatas, akan dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan mental di era digital.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru