Pengamat Nilai Anies Akan Menang Mudah di Pilpres, Jika Yenny Wahid Cawapresnya!

Reporter : Danny

Optika.id - Calon Doktor Antropologi Universitas Indonesia (UI) Mulyadin Permana menilai, bila Anies Baswedan menggandeng Yenny Wahid sebagai cawapres, maka akan untung besar.

Baca juga: Hasto Soal Pilkada Jakarta, Masukan Rakyat Masih Didengarkan!

Yenny Wahid merupakan representasi perempuan satu-satunya yang akan bertarung di Pilpres 2024. Hal ini sangat menguntungkan bagi siapa saja Capresnya, khususnya Anies Baswedan, katanya kepadawartawan, Jumat, (14/7/2023).

Kata dia, Anies dan Yenny masih sama-sama muda. Bisa menarik suara pemilih pemula dan generasi muda yang mayoritas saat ini.

Menurut sensus penduduk tahun 2020, jumlah pemuda Indonesia 53,81 persen atau sekitar 145 juta orang dari total 270,20 juta penduduk Indonesia.

Selain itu, kata dia, Anies dan Yenny memiliki banyak kesamaan, yaitu masih muda, cerdas, sama-sama cicit pahlawan nasional, lulusan kampus bergengsi dari luar negeri, punya komitmen kebangsaan yang kuat, dan pergaulan internasionalnya sangat luas.

Baca juga: Pilgub DKI Jakarta 2024: Muncul Nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil Sampai Risma

Di dalam negeri, Anies-Yenny masing-masing memiliki basis dukungan politik sendiri. Anies didukung oleh kalangan Islam modern, Yenny punya basis Islam tradisional, tetapi sama-sama tokoh muda nasionalis yang bisa diterima oleh semua kelompok, agama, dan golongan, dan seluruh lapisan masyarakat, jelasnya.

Sekjen Pergerakan Aktivis Nahdliyin Nusantara atau PeranNU ini menilai, jika kombinasi Anies-Yenny ini bisa terjadi di Pilpres 2024, kemungkinan besar akan memenangkan pertarungan.

Pertarungan anak muda yang masih energik dengan segudang prestasi dan kecerdasan tinggi melawan orang-orang tua yang sudah berambut putih yang mungkin kurang update memikirkan kebutuhan generasi muda yang semakin canggih dan modern ke depan, katanya.

Baca juga: Ini Prediksi Pakar Soal Putusan MK pada Sengketa Hasil Pilpres 2024

Ia juga mengatakan, untuk memenangkan pertarungan Pilpres 2024 yang kemungkinan besar diikuti oleh 3 pasangan calon, PeranNU akan berjuang all out dengan seluruh instrumen di seluruh pelosok tanah air untuk mendukung calon presiden terbaik.

Dan khususnya calon wakil presiden yang merupakan representasi dari warga Nahdlatul Ulama, Anies-Yenny, ujarnya.

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru