Mengawal Putusan MK, BEM UI Serentak Akan Turun ke Jalan!

Reporter : Danny

Jakarta (optika.id) - BEM Universitas Indonesia akan menggelar demonstrasi untuk kawal putusan Mahkamah Konstitusi terkait UU Pilkada. Aksi ini dilaksanakan hari ini tepatnya pada Kamis, (22/8/2024). 

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan RUU Pilkada menjadi UU pada hari ini. RUU Pilkada ini telah disahkan tingkat pertama oleh Baleg DPR RI. 

Baca juga: Dewan Guru Besar UI Soal Abai Putusan MK: Demokrasi Indonesia Bisa Hancur!

"Hari ini, kita saksikan dengan mata kepala sendiri, bagaimana elite politik bermain-main dengan sistem yang seharusnya melayani rakyat. Kita, sebagai pemilik suara bukan komoditas yang hanya dibutuhkan. RUU Pilkadda yang membelokan makna hukum demi kepentingan segelintir orang adalah serangan langsung terhadap demokrasi kita," tulis akun Instagram @Bemui_official. 

Titik kumpul aksi rencana Bem UI dan menuju ke depan Gedung DPR-MPR, Senayan Jakkarta dengan dress code hitam dan jaket kuning (jakun) UI. 

"Inilah saatnya kita bangkit, bersatu melawan upaya yang terang-terangan merusak demokrasi!, Ayo turun ke jalan, suarakan penolakan kita terhadap segala bentuk manipulasi hukum yang mengkhianati kepercayaan rakyat! bersama kita lawan, bersama kita tegakkan kebenaran," tambah dia. 

Baca juga: Partai Ummat Turut Ikut Aksi di DPR RI, Akankah Amien Rais Ikut?

Sebelumnya Baleg DPR RI bersama Pemerintah menyetujui draf revisi undang-undang (RUU) Pilkada. Kesepakatan ini diambil dalam rapat pengambilan keputusan Tingkat I. 

Di awal, rapat terlebih dahulu mendengarkan laporan Panja dan dilanjutkan dengan mendengarkan pendapat mini masing-masing Fraksi Partai politik tentang draf RUU Pilkada itu. 

Kemudian, usai mendengar seluruhnya, Wakil Ketua Baleg DPR RI sebagai pimpinan rapat, Achmad Baidowi melanjutkan pengambilan keputusan. 

Baca juga: DPR Ucapkan Terimakasih kepada Mahasiswa, Sepakati PKPU Sesuai MK

"Apakah dapat disetujui?, tanya Awiek di ruang rapat Baleg DPR, Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (22/8/2024). 

"Setuju," jawab mayoritas anggota Baleg yang hadir. 

Editor : Pahlevi

Politik
Trending Minggu Ini
Sabtu, 14 Sep 2024 18:18 WIB
Jumat, 13 Sep 2024 08:24 WIB
Senin, 16 Sep 2024 11:12 WIB
Kamis, 12 Sep 2024 00:47 WIB
Berita Terbaru