Cegah Varian Omicron, Penegakan Prokes Sangat Penting

author angga kurnia putra

- Pewarta

Selasa, 28 Des 2021 15:49 WIB

Cegah Varian Omicron, Penegakan Prokes Sangat Penting

i

Cegah Varian Omicron, Penegakan Prokes Sangat Penting

Optika.id-Penegakan protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya mengantisipasi varian baru Omicron menjelang Tahun Baru 2022 di Kota Surabaya, Jawa Timur, dinilai lebih efektif, daripada mengaktifkan kampung tangguh.

Menurut anggota Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Surabaya Ghofar Ismail,Surabaya tidak perlu memakai konsep kampung tangguh,cukup perketat Prokes, Tidak perlu aktif kembali kampung tangguh, terpenting prokes ketat semoga Surabaya tidak kemasukan virus Omicron, katanya, Senin (27/12/2021).

Baca Juga: SSGI 2023 Catat Angka Stunting Surabaya Capai 1,6 Persen

Menurut dia, masyarakat saat ini sudah sadar dengan penerapan protokol kesehatan (prokes), seperti halnya saat beraktivitas keluar luar rumah menggunakan masker, menjaga jarak saat beraktivitas dan menghindari berkerumun.

Jika prokes tetap dijalankan saya yakin Surabaya terus di Level 1 PPKM," ujar legislator PAN tersebut.

Ia kembali menegaskan, saat ini Pemkot Surabaya harus fokus pada peningkatan ekonomi masyarakat di tengah recovery ekonomi. Yaitu, bagaimana mendorong pendapatan masyarakat bisa meningkat dengan dibukanya akses ekonomi seluas-luasnya.

Kalau menurut saya, dibanding mengaktifkan kampung tangguh, lebih baik mempercepat pemulihan ekonomi. Itu juga untuk mencegah virus Omicron terpenting prokes ketat tetap dijalankan, katanya.

Adapun untuk memonitor prokes ketat di masyarakat, lanjut dia, kerja Satgas COVID-19 Kota Surabaya perlu ditingkatkan lagi. Ia berharap jangan sampai kinerja satgas kendor dalam memantau prokes khususnya menjelang tahun baru.

Baca Juga: Alasan Jokowi Batal Hadir Berikan Penghargaan Satyalancana di Surabaya

Jadi jika ada warga yang tidak menggunakan masker, Satgas COVID-19 wajib memberi peringatan dan menegurnya, katanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto sebelumnya mengatakan, Satgas Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo tetap diberdayakan untuk tetap waspada, kemudian mengantisipasi, dan melaporkan warganya, terutama yang melakukan perjalanan dari luar kota dan juga luar negeri.

"Jadi, kami lebih menggencarkan prokes, dan itu dibantu oleh Kapolrestabes, TNI, dan jajaran 3 pilar. Operasi prokes dan tes usap massal tetap kita lakukan pada waktu-waktu tertentu," kata Irvan yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Linmas Kota Surabaya ini.

Baca Juga: Peta Politik Kekuatan Partai Pemilu di Surabaya

Reporter: Angga Kurnia Putra

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU