UMM Latih Warga Batu, Buat Bakso Rumput Laut

author angga kurnia putra

- Pewarta

Rabu, 29 Des 2021 20:02 WIB

UMM Latih Warga Batu, Buat Bakso Rumput Laut

i

UMM Latih Warga Batu, Buat Bakso Rumput Laut

Optika.id-Tim dosen Program Studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melatih warga Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, membuat bakso dengan bahan campuran rumput laut.

Ketua Tim Pengabdian Dosen Teknologi Pangan UMM Prof Dr Noor Harini menjelaskan bahwa rumput laut, yang merupakan sumber serat yang menyehatkan, bisa digunakan sebagai campuran bahan untuk membuat bakso.

Baca Juga: Cegah Jual Rugi Bisnis, Ini Jurus Jitu TikTok dan Tokopedia

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers universitas yang diterima di Malang, Rabu, ia mengatakan, rumput laut yang bisa dijadikan bahan campuran bakso adalah rumput laut jenis Euchemma cottonii yang berasal dari Pulau Karimun Jawa.

Rasio bahan yang disarankan dalam pembuatan bakso rumput laut yakni 60 persen daging sapi halus dan 40 persen rumput laut.

Ika Melinda, salah satu peserta pelatihan, mengatakan bahwa bakso rumput laut teksturnya halus dan rasanya enak.

"Mungkin ada beberapa hal yang perlu disesuaikan, salah satunya tingkat keasinan yang bisa kita tambahkan. Semoga bakso unik ini bisa dikomersialkan dan dijual kepada masyarakat luas," katanya, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga: Sandiaga: Saat Ini Banyak UMKM yang Sudah Melek Digital

Rumput laut merupakan salah satu sumber serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan serta mengendalikan kadar kolesterol dan glukosa darah. Kadar serat basar rumput laut sekitar 11 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Reporter: Angga Kurnia Putra

Baca Juga: TikTok dan Tokopedia Kuasai Pasar, Ancam Shopee dan UMKM?

Editor: Amrizal

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU