Optika.id - Setelah sukses mendirikan kampus Shopee UMKM di berbagai kota-kota besar di Indonesia, salah satu raksasa marketplace di Indonesia Shopee mulai membuka kerja sama dengan pengusaha-pengusaha UMKM. Kerja sama ini direalisasikan dalam bentuk memberi akses kepada pengusaha UMKM untuk naik kelas ke jenjang nasional dengan melibatkan jaringan marketplace Shopee. Selain itu, kerja sama juga difokuskan pada peningkatakan softskill pengusaha UMKM mengenai digital marketing.
Salah satu yang dilakukan pengembangan bisnis Shopee di sektor UMKM adalah getol mengadakan pelatihan-pelatihan digital marketing kepada pengusaha UMKM yang rata-rata masih belum memahami sistem kerja marketplace. Input peserta pelatihan ini dikhususkan pada pelaku UMKM di kota-kota besar dan daerah penyangganya di Indonesia, seperti Kota Yogyakarta dan daerah-daerah sekitarnya. Kemudian output yang akan dikembangkan, para pelaku UMKM ini dapat berjualan produk-produk UMKM di marketplace sehingga bisa meningkatkan omset penjualan sekaligus pendapatan.
Baca Juga: Pak Yes Serahkan Ribuan Sertifikat Halal ke Pelaku UMKM Lamongan
Di Yogyakarta sendiri Shopee menggandeng pusat inkubasi bisnis UMKM Meravi ID yang sebelumnya telah memiliki program Kejar UMKM. Program Kejar UMKM merupakan program pendampingan Meravi ID kepada UMKM-UMKM di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berfokus pada penataan kelembagaan, legalitas usaha hingga manajemen penjualan untuk meningkatkan omset pendapat baik melalui penjualan konvensional hingga modern.
Shopee menggandeng Meravi ID untuk memperkuat manajemen penjualan UMKM di Yogyakarta pada jalur penjualan modern di marketplace, salah satunya dengan menggelar pelatihan digital marketing bagi 50 pelaku UMKM pada Selasa, (18/1/2022). Peserta pelatihan ini sengaja dibatasi karena Shopee dan Meravi ID akan melakukan pendampingan pasca pelatihan sehingga nantinya pelaku UMKM benar-benar bisa melakukan penjualan di marketplace secara paripurna.
Yoga Arya, Bisnis Development Shopee Yogyakarta yang juga menjadi pemateri digital marketing menyampaikan ada beberapa trik dan teknik yang seringkali dilupakan pelaku UMKM saat berjualan di marketplace, misalnya cara penggunaan foto yang baik, deskripsi produk yang baik hingga mengelola toko juga memerlukan keterampilan sendiri. Sehingga nantinya peserta pelatihan tidak asal pasang foto dan copywriting produk yang itu-itu saja. Selain itu Yoga juga memperkenalkan beberapa fitur-fitur di aplikasi marketplace Shopee yang perlu dipahami pelaku UMKM. Menariknya, pelatihan ini langsung praktik dari materi-materi yang telah dipaparkan, sehingga peserta yang telah memiliki toko di Shopee dapat langsung memperbaikinya, sementara bagi yang belum bisa membuka segera toko UMKM nya di aplikasi Shopee.
Baca Juga: Kembangkan UMKM, Pemkot Adakan Pelatihan Creator Lab
Diana Arta, Direktur Kemitraan Meravi ID dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pelatihan kerjasama dengan Shopee menyasar UMKM di Jogja bertujuan untuk mengakselerasi kemampuan UMKM naik kelas di masa pandemi. Meravi ID sendiri sebagai pusat inkubasi bisnis UMKM memiliki data banyaknya UMKM yang terkena dampak pandemi dan memerlukan intervensi kemampuan untuk shifting (berpindah) dari penjualan konvensional ke online agar tetap bisa bertahan di masa pandemi.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Oleh: Rianto (pegiat UMKM Kota Yogyakarta)
Baca Juga: Pemkot Surabaya Upayakan Tambah Sejumlah UMKM di Sektor Mamin
Editor: Amrizal
Editor : Pahlevi