Pemkot Surabaya Jemput Bola! Beri Pelayanan Adminduk Langsung ke Balai RW

author angga kurnia putra

- Pewarta

Selasa, 23 Agu 2022 15:46 WIB

Pemkot Surabaya Jemput Bola! Beri Pelayanan Adminduk Langsung ke Balai RW

i

IMG-20220823-WA0001

Optika.id-Pemkot Surabaya terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang prima kepada warganya, saat ini Pemkot Surabaya memiliki program pelayanan jemput bola Adminduk (administrasi kependudukan).

Masyarakat tidak perlu repot-repot mengurus keperluan administrasi langsung ke dinas kependudukan dan catatan sipil (Dispendukcapil), cukup ke balai RW sesuai tempat tinggal. Maka pelayanan pengurusan administrasi penduduk akan terlayani dengan prima.

Baca Juga: Jelang Pendaftaran Pilgub Jatim, Pasangan Khofifah-Emil Belum Ada Penantang!

Sama halnya seperti yang terjadi di lingkungan RW.7 Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng. Program yang dicanangkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini sudah berjalan.

Seperti penjelasan Ketua RW.7 Kelurahan Mojo, Suwito. Dia mengatakan program ini sudah berjalan dan menyasar masyarakat.

"Program ini (jemput bola Adminduk) sudah berjalan mas, dan sosialisasinya sendiri langsung melibatkan RT/RW setempat," ujarnya saat ditemui Optika.id, Selasa (22/8/2022) malam.

Lebih lanjut program ini, katanya, telah disosialisasikan langsung oleh pihak kelurahan setempat.

"Ini kan program awal ya mas, dan langsung lurahnya sendiri yang menyosialisasikan, jadi tiap RW di seluruh kelurahan mojo ini membuka layanan secara bergiliran, dan petugas lurah setempat sudah standby langsung untuk membantu masyarakat," ujarnya.

Dengan adanya program ini diharapkan kepengurusan administrasi bisa berjalan cepat, dan tidak harus merepotkan masyarakat.

"Dengan adanya program ini mas kepengurusan administrasi diharapkan berjalan cepat, contoh dalam pengurusan KTP saja maksimal 2 hari sudah selesai mas, dan masyarakat khususnya lansia pasti terbantu karena tidak perlu jauh-jauh mengurusnya," tandasnya.

Diakui oleh Suwito program yang baru berjalan ini diharapkan terus konsisten dalam praktiknya

"Program ini baru berjalan 2-3 mingguan mas, sebagai pelayan masyarakat saya harap program ini juga terus berjalan sehingga dapat membantu masyarakat dalam mengurus Adminduk," kata pensiunan PNS Pemkot Surabaya ini.

Diketahui, pada hari Jumat (19/8/2022) lalu RW 7 Kelurahan Mojo mendapatkan giliran untuk melayani pelayanan Adminduk warga. Suwito menegaskan animo masyarakat dalam melakukan pengurusan adminduk sangat besar.

"Kemarin hari Jumat (19/8/2022) warga yang memanfaatkan pelayanan ini cukup banyak,datang ke balai RW dan mengurus keperluan adminduk," lanjutnya.

Baca Juga: Awal Agustus, PDIP Jatim Akan Umumkan Sosok yang Diusung untuk Pilgub Jatim!

Dalam program ini, ia menjelaskan petugas kelurahan setempat standby dan membawa berkas syarat keperluan adminduk warga untuk diurus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Jadi kami pihak RW hanya menyosialisasikan kepada warga, hari sekian akan dibuka layanan mengurus adminduk kepada warga, warga datang petugas dari kelurahan yang mengurus semua nya, dan berkas yang membawa pihak kelurahan langsung,jadi bahasanya pihak RW ini memfasilitasi saja," tukasnya.

Ia juga menegaskan program tersebut merupakan instruksi langsung dari Wali Kota Eri Cahyadi.

"Jadi program pelayanan ini merupakan instruksi langsung dari Pak Eri mas, minta pelayanan langsung ke bawah,dan diserahkan ke pihak RW setempat," katanya.

Suwito sendiri sebagai pihak RW merasa senang dengan adanya program ini.

"Saya pribadi senang mas dengan adanya program ini, gimanapun kasian juga kan kalau warga langsung ngurus (adminduk) ke kelurahan, di kelurahan, karena kelurahan pasti ramai," ujarnya.

Saat berkas adminduk sudah jadi pun warga tidak perlu jauh-jauh datang ke kelurahan.

Baca Juga: Khofifah-Emil Masih Jadi Pertimbangan PDIP Jatim, Kenapa?

"Kalau berkasnya jadi ya warga tinggal ambil ke RW mas, jadi tidak perlu jauh-jauh ke kelurahan," imbuhnya.

Waktu melakukan pelayanan terpadu pengurusan adminduk juga dilakukan malam hari.

"Waktu pelayanan ini juga dilakukan malam hari, dari pukul 19.00-21.00, dilakukan demikian mungkin supaya tidak mengganggu aktivitas  jam kerja warga jadi bisa lebih fleksibel mas," pungkasnya.

Reporter: Angga Kurnia Putra

Editor: Pahlevi 

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU