Piala Dunia 2022: Inggris Cukur Iran 6-2 di Laga Pembuka

author Denny Setiawan

- Pewarta

Selasa, 22 Nov 2022 20:32 WIB

Piala Dunia 2022: Inggris Cukur Iran 6-2 di Laga Pembuka

i

sakajpg-20221121091806

Optika.id - Inggris memulai Piala Dunia 2022 Qatar dengan kemenangan telak 6-2 atas Iran dalam laga perdana Grup B di Khalifa International Stadium, Senin (21/11/2022) malam WIB.

Bintang muda Arsenal, Bukayo Saka mencetak dua gol untuk Inggris, dan  empat gol lainnya masing-masing dicetak Jude Bellingham, Raheem Sterling, Marcus Rashford dan Jack Grealish.

Baca Juga: Merespon Gejolak Timur Tengah, Retno Marsudi Lakukan Upaya Diplomatik

Kemenangan ini mengantarkan Inggris memimpin sementara klasemen Grup B dengan tiga poin. Sementara, Iran di posisi terbawah dengan raihan poin nol.

Inggris langsung menunjukkan dominasinya sejak pertandingan dimulai. Dengan memainkan tempo yang cukup cepat, Inggris pun membuat Iran sangat kesulitan untuk membangun serangan dengan baik.

Nasib kurang baik harus dialami kiper Iran, Ali Beiranvand, mengalami benturan (12) dengan rekannya, Majid Hosseini, demi menjaga gawangnya. Oleh karena itu, dirinya pun digantikan oleh Hossein Hosseini di menit ke-19.

Setelahnya, Iran mampu meningkatkan pola permainannya dan memberikan tekanan untuk Inggris. Meski begitu, Iran masih cukup kesulitan menciptakan peluang setelah The Three Lions tampil dengan solid.

Inggris akhirnya mampu memecahkan kebuntuan setelah Jude Bellingham mampu membobol gawang Iran dengan sundulannya memanfaatkan umpan dari Luke Shaw. Kini Inggris pun unggul 1-0 atas Iran.

Pada menit ke-43, Bukayo Saka berhasil menggunakan keunggulan Inggris setelah mampu memanfaatkan umpan Harry Maguire dalam kemelut di lini pertahanan Iran. Hal tersebut membuat Inggris unggul 2-0 atas Iran.

Inggris kembali mampu menambah keunggulannya di menit 45+1 yang diciptakan Raheem Sterling dengan umpan yang diberikan Harry Kane. Gol tersebut pun membuat Inggris berhasil unggul 3-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, Timnas Iran melakukan sejumlah pergantian pemain. Tentunya, hal ini dilakukan demi mengejar ketertinggalannya.

Baca Juga: Kenapa Bahasa Inggris Jadi Bahasa Internasional?

Duel pun berlangsung sengit. Di menit ke-55, Raheem Sterling nyaris menambah keunggulan Inggris. Namun sayang, tendangannya dari luar kotak penalti masih belum membuat bola bersarang ke gawang Iran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tak menyerah, Inggris masih terus membombardir lini pertahanan Timnas Iran. Saka pun sukses menambah keunggulan Timnas Inggris di menit ke-62.

Memanfaatkan umpan dari Sterling, Saka yang berada di sisi kanan gawang langsung menggiringnya ke tengah dan langsung melepaskan tembakan keras. Bola tak bisa dibendung pemain lawan hingga berbuah gol. Timnas Inggris unggul 4-0.

Tertinggal makin jauh, Iran tak tinggal diam. Mereka pun sukses memangkas jarak berkat gol ciamik dari Mehdi Taremi di menit ke-65. Kedudukan berubah menjadi 1-4 untuk keunggulan Inggris.

Tak tinggal diam, Timnas Inggris menambah keunggulannya lagi usai memasukkan Marcus Rashford dan Phil Foden. Rashford langsung menjebol gawang Iran di menit ke-71. Inggris unggul 5-1.

Baca Juga: PM Inggris Ucapkan Selamat ke Prabowo, Menanti Undangan Mitra!

Belum puas, Timnas Inggris kembali menambah golnya di laga ini. Kali ini, gol tercipta lewat aksi Jack Grealish di menit ke-90.

Jelang berakhirnya laga, Timnas Iran mendapat hadiah penalt dari wasit lantaran adanya pelanggaran kala kemelut terjadi di kotak penalti Inggris. Taremi yang ditunjuk mengeksekusi penalti itu pun sukses membuat bola bersarang di gawang Inggris. Skor berubah menjadi 6-2 dan bertahan hingga akhir laga.

Reporter: Denny Setiawan

Editor: Pahlevi

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU