Bamsoet Imbau Parpol Santun dalam Berpolitik dan Tak Bawa Politik Identitas

author Uswatun Hasanah

- Pewarta

Kamis, 29 Des 2022 14:08 WIB

Bamsoet Imbau Parpol Santun dalam Berpolitik dan Tak Bawa Politik Identitas

Optika.id - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meminta kepada partai politik (parpol) yang hendak berlaga di kontestasi Pemilu 2024 agar mengedepankan rasa santun dalam berpolitik. Baik kepada kawan maupun lawan politik. Hal tersebut bertujuan agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: Bambang Soesatyo: Partai Politik Perlu Lakukan Rekonsiliasi untuk Pemerintahan

"Semua kontestan pemilu hendaknya mengedepankan kesantunan dalam berpolitik, membuang jauh-jauh dikotomi politik yang menyebabkan perpecahan pada kutub-kutub yang berseberangan," urai Bamsoet, sapaannya dalam keterangan tertulis yang diterima Optika.id, Kamis (29/12/2022).

Bamsoet juga mengimbau kepada semua elemen masyarakat yang harus berkontribusi dalam menjadikan pemilu sebagai bagian penting dari proses demokrasi, pendewasaan politik serta pematangan demokrasi yang lebih baik.

Dia menegaskan bahwa tidak boleh ada lagi politik identitas yang membentuk polarisasi di masyarakat.

Menurutnya, semua parpol halal bersaing untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Dengan catatan hal itu dilakukan secara sehat dan tidak membawa isu suku, agama, ras, dan indikasi politik identitas yang mencederai demokrasi Indonesia.

Baca Juga: Jimly Ungkap MK Bisa Batalkan Pemilu Jika Memang Salah

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Sudah bukan masanya lagi membawa-bawa isu agama, suku ataupun ras hanya untuk meraih suara terbanyak. Tetapi, menimbulkan dampak besar berupa perpecahan di kalangan masyarakat,katadia.

Dia menegaskan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa harus menjadi prioritas yang utama saat ini.

Baca Juga: PKS Usai KPU Memutuskan Hasil, Pertandingan Belum Selesai!

Oleh karena itu, dia berharap agar setiap elemen bangsa bisa bersama-sama membangun situasi, mendukung demokrasi, dan mendorong koalisi partai politik secara aman serta damai di Pemilu 2024 nanti.

Menurut dia, seluruh partai politik dan masyarakat harus menjadikan Pemilu dan Pilkada serentak sebagai sebuah "pesta demokrasi" yang suka ria dan tidak memecah belah persatuan.Bamsoetpunberharap seluruh elemen bangsa membangun situasi dan mendorong koalisi partai politik secara aman dan damai.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU