Mahasiswa KKN Unipa Sby Ajari Warga Desa Kedungrawan Krembung Budidaya Maggot

author firman fachrudy

- Pewarta

Sabtu, 31 Des 2022 09:44 WIB

Mahasiswa KKN Unipa Sby Ajari Warga Desa Kedungrawan Krembung Budidaya Maggot

Optika.id Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya menyelenggarakan kegiatan program kerja bersama warga Desa Kedungrawan, Krembung, Sidoarjo, tentang sosialisasi dan pelatihan budidaya maggot.

Baca Juga: SSGI 2023 Catat Angka Stunting Surabaya Capai 1,6 Persen

Kegiatan atau program kerja Mahasiswa KKN tersebut dilakukan pada hari Kamis (29/12/2022). Hal ini merupakan bentuk inisiatif Mahasiswa KKN UNIPA yang bekerja sama dengan Kepala Desa Kedungrawan Krembung.

Kepala Desa Kedungrawan, Krembung menjelaskan, bahwa kebanyakan warga desanya kebanyakan bekerja sebegai petani seperti mengelola sawah dan UMKM.

Desa kedungrawan krembung ini lebih banyak yang bekerja sebagai petani seperti mengelola sawah, umkm, tanaman toga, pendidikan, posyandu dan dipelopori oleh kader-kader desa, serta kurangnya kreatifitas warga dalam mengelola lahan pertanian dan tps pembuangan sampah," ungkap Kepala desa Kedungrawan, Krembung, Sabtu (31/12/2022).

Kepala desa pun mengatakan dengan adanya sosialisasi dan pelatihan budidaya maggot di desa Kedungrawan Krembung diharapkan dapat membantu warga desa bisa mengelola lahan pertanian dan tempat pembuangan sampah nantinya. Dan sampah organik rumah tangga yang menumpuk dan dapat dimanfaatkan secara optimal.

Baca Juga: Alasan Jokowi Batal Hadir Berikan Penghargaan Satyalancana di Surabaya

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Perlu diketahui, maggot sendiri merupakan larva jenis lalat Black Soldier Fly (BSF), dan lalat ini dapat ditemukan dilingkungan tropis/sub tropis seperti indonesia.

Salah satu mahasiswa KKN Earlan Nugraha menjelaskan, bahwa maggot memiliki kemampuan untuk mengurai sampah lebih cepat, dan menghasilkan kompos organik, serta larvanya dapat menjadi sumber protein yang baik untuk pakan unggas dan ikan.

Baca Juga: Peta Politik Kekuatan Partai Pemilu di Surabaya

Maggot dapat membantu menguraikan sampah organik pada tps desa dan menjadi sumber pemasukan tambahan dari penjualan maggot kering dan komposnya," ujar Earlan Nugraha.

Selain itu, program kerja yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN UNIPA ini juga didukung punuh oleh Dosen Pembibing Lapangan Fenny Fitriani,S.Si.M.Si. Dan berharap dengan adanya kegiatan atau program kerja di desa dapat membantu warga desa Kedungrawan Krembung.

Editor : Pahlevi

Tag :

BERITA TERBARU