Kiat Menjaga Kesehatan Mental Bagi Para Pencari Kerja

author Uswatun Hasanah

- Pewarta

Sabtu, 31 Des 2022 12:22 WIB

Kiat Menjaga Kesehatan Mental Bagi Para Pencari Kerja

Optika.id - Menjadi pencari kerja dengan status pengangguran dapat berdampak pada kesehatan mental, salah satunya adalah depresi jika tidak mendapat dukungan dari orang sekitar. Efek depresi ini didapat tak hanya dari hilangnya penghasilan rutin, namun juga kontak sosial di dunia kerja yang ternyata cukup penting dalam rutinitas.

Baca Juga: PT JIEP Buka Lowongan Posisi Site Operasional Manager

Hal tersebut senada dengan publikasi dari Centers for Disease Control and Prevention yang menyebutkan efek paling ekstrem bisa mencapai kematian karena bunuh diri, terutama bagi mereka yang tidak mendapatkan dukungan sosial selama depresi menganggur.

Mengutip dari laman Halodoc, Sabtu (31/12/2022) dampak negatif pada pengangguran secara konsisten terbukti berpengaruh dalam kesehatan mental. Kondisi ini juga terkait dengan kecemasan, depresi, dan harga diri individu. Disebutkan juga bahwa menganggung bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang karena lemahnya secara finansial.

Pengangguran juga dapat membentuk coping yang tidak sehat sehingga dapat semakin meningkatkan stress. Efek stress ini juga berkaitan dengan durasi seseorang pada status menganggur. Semakin lama seseorang menganggur, maka semakin berisiko pula kesehatan mentalnya.

Sebelumnya, bagi orang-orang yang sudah mempunyai masalah kesehatan mental, bekerja justru bisa menjadi sarana pemulihan yang cukup efektif. sebaliknya, menjadi pengangguran akan melonjakkan risiko masalah kesehatan mental yang sudah ada.

Atas dasar hal tersebut, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan mental saat sedang belum bekerja dan dalam proses mencari kerja. Untuk membantu melewati masa sulit tersebut, berikut Optika.id rangkumkan beberapa kiat dan tips agar bisa membantu dalam menekan efek negatif dari menganggur:

Tetap Membuat Rutinitas Harian

Tetap di tempat tidur, tidak makan, tidak melakukan rutinitas normal, serta menghindari tanggung jawab rutin hanya akan meningkatkan rasa tertekan dan akan memisahkan gaya hidup selama pra dan pasca bekerja dengan jelas.

Sebaliknya, tetap lakukan kegiatan positif seperti bangun pagi pada waktu yang sama setiap harinya, mengonsumsi makanan yang lebih sehat, dan meluangkan waktu untuk berolahraga setiap harinya. Tetap fokus pada kenyamanan diri dan kesehatan fisik serta mental agar dapat membantu para pencari kerja untuk mengontrol emosi.

Baca Juga: PT Adaro Energy Tbk Buka Lowongan Posisi Officer dan Support Officer, Yuk Daftar

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hindari Mengisolasi Diri

Biasanya, kehilangan pekerjaan membuat seseorang merasa malu, depresi, dan seolah kehilangan harga diri sehingga mengisolasi diri dari lingkungan sosial. Mungkin, sulit untuk membicarakan perasaan karena kehilangan pekerjaan. Maka dari itu, untuk mengatasinya, penting untuk tetap terbuka kepada teman ataupun orang yang dipercaya, dapat menjaga kewarasan seseorang selama menganggur.

Optimis Selama Mencari Kerja

Mencari kerja yang terus berujung pada kegagalan dan sandungan lainnya mungkin dapat dengan mudah mengambil alih semangat hidup. Maka dari itu, para pencari kerja disarankan agar tetap semangat, berpikir positif, dan optimis dalam proses mencari kerja.

Baca Juga: Rekrutmen TNI AD Bintara, Tamtama Sudah Dibuka, Simak Artikel Berikut!

Pertimbangkan Untuk Menjadi Sukarelawan

Para pencari kerja bisa mempertimbangkan untuk menyisihkan waktu tertentu setiap minggunya untuk menjadi sukarelawan di berbagai kegiatan yang membutuhkan.

Bisa jadi, dalam kesempatan pertemuan dengan sukarelawan lainnya dapat mengarah pada peningkatan jumlah relasi professional. Pun, pengalaman sebagai sukarelawan dapat menjadi tambahan yang positif untuk mengisi resume.

Tetap lakukan hal-hal yang positif dan produktif saat menganggur. Selain menjaga mental, ragam kegiatan produktif selama menganggur juga berefek penting bagi rasa percaya diri.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU