TPN Ganjar-Mahfud Jadikan Survei untuk Bahan Evaluasi

author Dani

- Pewarta

Kamis, 16 Nov 2023 06:40 WIB

TPN Ganjar-Mahfud Jadikan Survei untuk Bahan Evaluasi

Optika.id - Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, menyatakan hasil beberapa survei yang menunjukkan bahwa elektabilitas Pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden RI Ganjar-Mahfud Md. lebih rendah daripada pasangan Prabowo-Gibran menjadi bahan evaluasi.

"Evaluasi selalu dilakukan. Akan tetapi, kami juga melakukan yang namanya internal survei," kata Arsjad dalam konferensi pers di Kantor TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Rabu, (15/11/2023).

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Ingin Indonesia Lebih dari Negara Lain

Dikatakan pula bahwa internal survei tersebut tidak dipublikasikan, tetapi survei tersebut dijadikan pembanding survei-survei eksternal.

Arsjad mengatakan bahwa TPN Ganjar-Mahfud perlu mengetahui metode serta pertanyaan di dalam setiap survei eksternal yang menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud lebih rendah daripada pasangan Prabowo-Gibran.

Dengan demikian, hasil survei tersebut juga dapat dijadikan arahan untuk perbaiki elektabilitas pasangan calon presiden/wakil presiden nomor 3 itu.

"Kami harus bertanya juga bagaimana metode dari survei itu? Apa pertanyaannya?" katanya.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Ingatkan Soal Sabotase Suara dalam Pemilu

Sebelumnya survei Polmatrix Indonesia menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran berpotensi menang satu putaran dengan elektabilitas mencapai 48,4 persen, Ganjar-Mahfud 26,6 persen, dan Anies-Muhaimin 17,3 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Survei Indikator Politik Indonesia juga menunjukkan bahwa dalam simulasi tiga pasangan, elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan persentase 39,7 persen, Ganjar-Mahfud Md. 30 persen, dan Anies-Muhaimin 24,4 persen.

Hasil survei Indo Barometer juga menyebut Prabowo-Gibran berpotensi memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran dengan elektabilitas mencapai 34,2 persen, disusul elektabilitas Ganjar-Mahfud 26,2 persen, dan Anies-Muhaimin 18,3 persen.

Baca Juga: Mahfud Temui Megawati Sebelum Ganjar Deklarasi Cawapres, Ada Apa?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Editor : Pahlevi

Tag :

BERITA TERBARU