Gen Kami: Gibran Sebagai Contoh Baik Bagi Generasi Muda

author Dani

- Pewarta

Kamis, 16 Nov 2023 06:42 WIB

Gen Kami: Gibran Sebagai Contoh Baik Bagi Generasi Muda

Optika.id - Ketua Gerakan Komunitas Aktivis Milenial (Gen Kami) Ilham Latupono menyebut calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka merupakan angin segar representasi pemuda dalam kepemimpinan nasional.

Ilham mengaku yakin kehadiran Gibran dalam kontestasi Pilpres 2024 akan membuka ruang bagi kaum muda dalam kepemimpinan nasional. Di era disrupsi dan kemajuan seperti sekarang, pandangan politik bisa mengalami pergeseran dari gaya kepemimpinan lama menjadi lebih segar dan relevan.

Baca Juga: Gelora Tolak PKS Gabung, Gibran: Tunggu Keputusan Pak Prabowo

“Saya yakin setelah ini ruang-ruang bagi kalangan muda dalam kepemimpinan nasional akan terbuka lebar. Apatisme terhadap politik yang selama ini dilekatkan kepada (generasi) milenial dan gen z akan runtuh,” kata Ilham dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu, (15/11/2023).

Ilham menganalogikan dinamika politik sekarang ini sebagai teknologi baru yang bisa saja mendisrupsi teknologi lama. Meski awalnya ditolak, teknologi baru tersebut akan diterima juga pada akhirnya.

“Awalnya orang khawatir dan sulit menerima cara baru ini, tapi nyatanya tak butuh waktu lama semua ikut merasakan kemudahan dan dampak positifnya. Dan saat ini, Indonesia membutuhkan kemajuan yang cepat, profesional, dan kreatif dari tangan-tangan pemimpin muda,” ucap Ilham.

Ia meyakini pemimpin muda adalah sosok yang menghargai demokrasi yang berorientasi pada kemaslahatan dan masa depan negeri.

Baca Juga: Gibran Sebut Akan Minta Masukan Megawati untuk Penyusunan Kabinet

“Kekuasaan hanyalah instrumen, bukan tujuan. Dan, Gibran adalah disrupsi dalam politik kekuasaan itu sendiri,” imbuh Ilham.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lebih lanjut, Ilham mengatakan tidak semua kalangan senior yang mengalami krisis eksistensi dan menutup peluang bagi kaum muda. Contohnya, calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto sebagai salah satu sosok tersebut.

“Senior-senior seperti ini jelas ada pada sosok Pak Prabowo dan masih banyak lagi. Kami sangat menghormati senior yang open minded (berpandangan terbuka) seperti itu,” kata dia.

Baca Juga: PDIP Tak Anggap Kader, Gibran Ngaku Telah Siapkan Perahu Kedepan!

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU