Kampanye Prabowo-Gibran, Semua Masih Aktif Menjabat

author Dani

- Pewarta

Sabtu, 02 Des 2023 06:06 WIB

Kampanye Prabowo-Gibran, Semua Masih Aktif Menjabat

Optika.id - Pasangan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto masih tidak mengambil cuti pada hari keempat kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, sementara itu, calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan ke Penjaringan, Jakarta, Jumat, (1/12/2023).

Prabowo Subianto, yang masih aktif menjabat sebagai menteri pertahanan RI, pada Jumat pukul 09.00 WIB dijadwalkan menyerahkan delapan unit helikopter angkut berat Airbus H225M Caracal ke TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Partai NasDem, Si Oportunis yang Tidak Konsisten Pada Perubahan

Dalam upacara serah terima itu, Prabowo menyerahkan secara simbolik delapan unit helikopter beserta satu unit lengkap simulator (full flight simulator) H225M secara langsung kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

“Delapan helikopter itu dikirimkan secara bertahap sejak dikirimkannya unit pertama pada 14 September 2023 dari hanggar rotary wing PT Dirgantara Indonesia (DI) Bandung menuju Lanud Atang Sendjaja,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Karo Humas) Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha dalam siaran resmi Kemhan di Bogor, Jawa Barat, Jumat, (1/12/2023).

Atang Sendjaja, Prabowo dijadwalkan menemui Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan di Kantor Kementerian Pertahanan RI. Namun, untuk agenda itu belum ada yang membenarkan, termasuk dari Kemhan RI.

Selepas itu, dia melanjutkan perjalanan ke Hotel Borobudur, Jakarta, pada 15.00, untuk menghadiri Rapat Koordinasi Nasional TKN Prabowo-Gibran.

Selanjutnya, Prabowo juga dijadwalkan menghadiri acara deklarasi dukungan untuk pasangan Prabowo-Gibran di Djakarta Theatre, Jakarta, pada pukul 17.00 WIB. Terakhir, Prabowo juga dijadwalkan menghadiri perayaan HUT Prof. Satyanegara di Sun City Hayam Wuruk.

Baca Juga: Arah Koalisi Jika Prabowo Diangkat Jadi Presiden, Banyak yang Putar Haluan

Sementara itu, Gibran, yang saat ini menjabat Wali Kota Surakarta, dijadwalkan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran di Hotel Borobudur, Jakarta, pada pukul 14.20 WIB. Informasi itu diberikan oleh Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Aminuddin Ma’ruf kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dengan demikian, untuk pertama kalinya sejak dimulainya masa kampanye pada 28 November 2023, Gibran mengambil cuti kerja sebagai Wali Kota Surakarta. Namun Aminuddin menyampaikan Gibran masih bekerja di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, sebagai Wali Kota Surakarta pada Jumat pagi.

Kemudian, Gibran dijadwalkan melanjutkan kampanye di Penjaringan, Jakarta Utara, Jakarta, pada 16.00 WIB. Informasi itu juga diberikan oleh Aminuddin kepada wartawan.

Sejauh ini juga belum ada keterangan resmi dari TKN Prabowo-Gibran mengenai kepastian Prabowo ikut berkampanye bersama Gibran di Penjaringan.

Baca Juga: Saling Klaim Kemenangan Pemilu Tak Menguntungkan Masing-Masing Pihak

Dari TKN Prabowo-Gibran, kegiatan pada hari keempat kampanye, di antaranya peluncuran Mobil TKN Fanta di Markas (HQ) Fanta di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta, Jumat, (1/12/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pemungutan suara Pilpres 2024 pada 14 Februari 2024, sementara masa kampanye telah berlangsung sejak 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024.

Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden berkontestasi untuk posisi presiden RI dan wakil presiden RI. KPU RI menetapkan tiga pasangan calon itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar untuk nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md untuk nomor urut 3.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU