OKS Desak Pemerintah Usut Ledakan Smelter PT ITSS yang Tewaskan Belasan Orang

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Senin, 25 Des 2023 17:24 WIB

OKS Desak Pemerintah Usut Ledakan Smelter PT ITSS yang Tewaskan Belasan Orang

Optika.id - Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto menuntut pemerintah untuk mengusut tuntas insiden ledakan smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulteng. Ledakan tersebut telah merenggut belasan nyawa.

"Aspek keamanan dan keselamatan kerja harus diaudit secara profesional, objektif, dan menyeluruh. Jangan sampai karena ada pertimbangan politik, pemerintah mengabaikan keamanan dan keselamatan kerja di perusahaan itu,” ujar Mulyanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/12/2023).

Baca Juga: PKS Jatim Jalin Silaturahmi dengan Gerindra Jelang Pilkada 2024

Untuk mengoptimalkan investigasi, ia juga mendesak semua operasional smelter perusahaan asal China di Indonesia dihentikan. Semua smelter harus diaudit secara ketat karena sering terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan korban jiwa.

Baca Juga: PKS Jatim Sebut Kriteria Calon Pilkada, Apa Saja ya?

"Kita perlu tahu kualitas barang yang selama ini dipakai untuk menunjang operasional smelter. Jangan-jangan barang dan suku cadang yang dipakai tidak memenuhi syarat yang ditentukan,” ucapnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di sisi lain, Mulyanto mengungkapkan rasa prihatinnya atas kecelakaan kerja yang menimpa 35 orang, di mana 13 orang meninggal dunia. Padahal beberapa waktu sebelumnya terjadi kecelakaan kerja di smelter PT GNI yang menewaskan 2 orang.

Baca Juga: Jubir PKS Ungkap Setuju dengan Bahasa Merangkul, Tetapi Tidak Semua Masuk Pemerintahan

“Ini ledakan terbesar dalam sejarah pengoperasian smelter milik perusahaan China di Indonesia. Pemerintah agar sungguh-sungguh untuk menindaklanjuti kasus ini,” pungkasnya.

Editor : Pahlevi

Tag :

BERITA TERBARU