Debat Cawapres Kemarin Muncul Istilah, Jubir AMIN Ingin Tak Terjadi Lagi!

author Dani

- Pewarta

Kamis, 28 Des 2023 08:04 WIB

Debat Cawapres Kemarin Muncul Istilah, Jubir AMIN Ingin Tak Terjadi Lagi!

Optika.id - Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Billy David Nerotumilena mengatakan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar saat debat cawapres sudah menampilkan sesuai substansi dari tema debat yang ditentukan Komisi Pemilihan Umu (KPU) RI. 

“Kita melihat Gus Muhaimin tetap dalam koridor substansi yang disampaikan dari tema ataupun sub tema pada waktu debat cawapres,” ucap Billy kepada media di Markas Pemenangan AMIN, Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, (27/12/2023). 

Baca Juga: Cucu Pendiri HMI Ini Akhirnya Dukung AMIN, Setelah Dua Kali Dukung Prabowo!

Apalagi, kata Billy, ada momen Ketua Umum PKB menanyakan langsung mengenai singkatan yang dilontarkan oleh cawapres Gibran Rakabuming Raka itu. Dia menilai, apa yang dilakukan Muhaimin Iskandar justru kejujuran.

Dia menyayangkan sikap moderator dan pembawa acara yang mengurangi waktu jawab Muhaimin Iskandar.

“Kita melihat sisi yang lain juga kejujuran tentang Gus Imin ketika momen State of the Global Islamic Economy (SGIE) yang dijawab justru ditanyakan apa itu SGIE artinya, dan yang kita sempat suarakan waktu evaluasi debat cawapres adalah ketegasan moderator dan pembawa acara ketika momen-momen seperti itu terjadi,” imbuhnya.

Baca Juga: Timnas AMIN Hargai Bawaslu, Asal Jangan Tebang Pilih!

Dia berharap, di debat berikutnya tidak ada lagi momen seperti menjatuhkan paslon lainnya. Bila ada singkatan, lanjut Billy, berikan waktu untuk penanya menjelaskan dari singkatan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Harapannya ke depan enggak ada momen seperti itu lagi. Kalau ada singkatan atau termasuk yang mungkin paslon lain enggak mengetahui, baiknya memang diberikan kesempatan untuk paslon yang bertanya menjelaskan terlebih dahulu. Sehingga kesannya enggak saling menjatuhkan, tapi justru saling suportif untuk menjelaskan substansinya,” ungkapnya.

Baca Juga: Paslon AMIN Alami Kenaikan Elektabilitas, Jubir Yakin Bisa Masuk Putaran Dua

Billy menuturkan telah menyampaikan kepada pihak KPU RI diberikan kesempatan untuk menyanggah pertanyaan atau menjelaskan substansi atau pun singkatan-singkatan yang nggak jelas itu.

“Kita sudah yang hari ini disampaikan tentu sudah atas nama AMIN, dan tentu itu akan menjadi evaluasi untuk semua. Tidak hanya penyelenggara KPU tapi juga untuk paslon yang lain,” pungkasnya. 

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU