PSI Diprediksi Gagal Total di Pemilu 2024, Gak Nyangka Respons Kaesang Justru Begini

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Sabtu, 30 Des 2023 07:34 WIB

PSI Diprediksi Gagal Total di Pemilu 2024, Gak Nyangka Respons Kaesang Justru Begini

Optika.id - Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), tidak patah semangat dengan hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang memprediksi PSI tidak lolos ke parlemen pada Pemilu 2024.

Survei CSIS yang dirilis pada Rabu (27/12/2023) menunjukkan elektabilitas PSI hanya 1,3 persen. Namun Kaesang menganggap survei tersebut sebagai motivasi agar seluruh kader bekerja lebih keras lagi untuk memenangkan hati rakyat.

Baca Juga: Kaesang Pilih Anies Ketimbang Ridwan Kamil, Kenapa ya?

“Ya, enggak apa-apa. Akan tetapi, kami harus bekerja jauh lebih keras lagi supaya PSI lolos ke parlemen,” ujar Kaesang di Jakarta, Jumat (29/12/2023).

Kaesang, yang juga putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, optimistis elektabilitas PSI akan terus meningkat. "Semua harus tahu dahulu survei sebelum saya masuk masih nol koma.

Setelah saya masuk, mulai naik satu koma, dan sekarang sudah dua koma, ya bersyukur," tuturnya.

Survei CSIS juga menunjukkan elektabilitas PDI Perjuangan masih tertinggi dengan 16,4 persen, diikuti Gerindra dengan 14,6 persen, dan Golkar dengan 11,8 persen.

Baca Juga: PKB Akan Duetkan Anies dan Kaesang di Pilkada Jakarta, PSI: Semua Masih Dinamis

Selain itu, beberapa parpol yang dianggap populer diprediksi tidak akan masuk ke Senayan. Parpol-parpol tersebut antara lain PPP dengan 3,5 persen, Perindo dengan 1,5 persen, PSI dengan 1,3 persen, dan Hanura dengan 0,8 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pemilu Anggota Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Kemudian, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, serta Partai Ummat.

Baca Juga: Kaesang Jadi Wagub Anies: Belum Ada Komunikasi!

Selain itu, Pemilu Anggota Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemilu Anggota Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU