Erick Thohir Ketum PAN, Adi Prayitno: Tak Mungkin Terjadi

author Dani

- Pewarta

Minggu, 31 Des 2023 23:03 WIB

Erick Thohir Ketum PAN, Adi Prayitno: Tak Mungkin Terjadi

Optika.id - Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai Erick Thohir tidak mungkin menggantikan Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Ketua Umum PAN. Sebab penggantian ketua umum partai tidak semudah itu dilakukan.

Sebelumnya, di media sosial tersebar isu bahwa posisi Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional sedang terancam. Salah satu nama yang disebut-sebut akan menggantikannya adalah Erick Thohir.

Baca Juga: Pengamat: Siapa Saja Pasangannya, Anies Tetap Kandidat Kuat

"Nggak mungkin itu (Erick Thohir menggantikan Zulhas) sekarang ini. Nggak segampang itu prosesnya. Partai punya sistem pemilihan ketua umum yang panjang, nggak serta merta ada ketua diisukan blunder, terus langsung diganti," kata Adi Prayitno saat diwawancarai detikcom (31/12/2023).

Isu Erick Thohir gantikan Zulhas ini salah satunya diangkat oleh akun di Instagram. Di sebuah unggahannya, dijelaskan bahwa Erick adalah sosok yang tepat karena memiliki prestasi, bisa bawa perubahan untuk PAN dan ada kekhawatiran bahwa PAN tidak masuk parlemen di 2024.

Baca Juga: Adi Prayitno Nilai Caleg Terpilih Pilkada Harus Mundur, Agar Tak Ada Politik Aji Mumpung

Menurut Adi, jika ada pihak yang dorong Erick jadi ketua partai, sebaiknya bikin partai baru. Adi percaya bahwa jika mau, Erick mudah bikin partai baru.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Justru bisa mengganggu sistem kepartaian (saat ini) jika Ketum PAN bukan kader," tutupnya.

Baca Juga: Pengamat Prediksi Pernyataan Prabowo untuk Ganjar dan PDIP

Apalagi menurutnya, Erick juga bukan Muhammadiyah. Padahal Adi melihat selama ini Tradisi politik Ketum PAN itu ber-DNA Muhammadiyah.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU