Hasyim Muhammad: Hanya Anies yang Bisa Kalahkan Prabowo di Pilpres 2024

author Eka Ratna Sari

- Pewarta

Jumat, 09 Feb 2024 08:43 WIB

Hasyim Muhammad: Hanya Anies yang Bisa Kalahkan Prabowo di Pilpres 2024

Jakarta (optika.id) - Hasyim Muhammad, seorang pegiat media sosial, memberikan prediksi tentang Pilpres 2024. Ia mengatakan bahwa hanya capres nomor urut satu Anies Baswedan yang bisa menumbangkan capres nomor urut dua Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Ia mengatakan bahwa capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo akan kalah dari Prabowo Subianto jika berhadapan di putaran kedua.

Hasyim Muhammad menyampaikan prediksinya melalui akun X pribadinya pada Rabu (7/2/2024). Ia mengatakan bahwa prediksinya sedikit berubah dibandingkan dengan prediksi yang ia buat lima bulan lalu. Namun, ia mengatakan bahwa prediksinya tidak akan disetujui oleh pendukung Ganjar.

Baca Juga: Bawaslu Malang Tegaskan Penyelenggara dan Pengawas Pemilu Jangan Main-main

“Prediksi saya agak sedikit berubah dibanding prediksi saya 5 bulan lalu. Namun tetap, ini bukan prediksi yang bakal disetujui oleh pendukung Ganjar: - Jika 1 putaran, Prabowo menang.,” ujar Hasyim Muhammad.

Hasyim Muhammad juga mengatakan bahwa Prabowo pasti masuk ke putaran kedua. Ia mengatakan bahwa jika putaran kedua adalah Prabowo vs Ganjar, maka Prabowo akan menang. Namun, jika putaran kedua adalah Prabowo vs Anies, maka Anies akan menang. Ia mengatakan bahwa mungkin hanya Anies yang masih punya peluang menumbangkan Prabowo.

“- Jika 2 putaran, Prabowo pasti masuk ke Putaran 2. - Jika Putaran 2: Prabowo vs Ganjar, Prabowo menang. - Jika Putaran 2: Prabowo vs Anies, Anies menang. Mungkin hanya Anies yang masih punya peluang menumbangkan Prabowo,” imbuhnya.

Sementara itu, survei terbaru Populi Center menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul telak dibandingkan dua kompetitornya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Survei ini menemukan bahwa Prabowo-Gibran bisa memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Baca Juga: Denny Siregar: Bisa Jadi Prabowo Mendukung Hak Angket untuk Melepaskan Diri dari Pengaruh Jokowi

Survei nasional yang dilakukan pada 27 Januari hingga 3 Februari 2024 ini menemukan bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 52,5 persen. Ini memenuhi syarat untuk memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran, yaitu meraih 50 persen plus satu suara dari total suara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Survei yang dibiayai menggunakan dana internal ini juga menemukan bahwa elektabilitas Anies-Muhaimin sebesar 22,1 persen. Sedangkan elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 16,9 persen.

“Adapun yang belum memutuskan (pilihan) sebesar 6,3 persen dan menolak menjawab sebesar 2,2 persen,” kata Direktur Eksekutif Populi Center, Afrimadona lewat siaran persnya, Rabu (7/2/2024) dikutip dari Republika.

Baca Juga: Empat Caleg DPD RI Jatim yang Berpeluang Lolos ke Senayan: Ponakan Khofifah Berpotensi Gusur Kondang

Survei Populi Center ini dilakukan dengan metode wawancara tatap muka kepada 1.500 responden yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia. Responden dipilih dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling).

Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,53 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. “Survei dilakukan dengan menggunakan pendanaan internal,” kata Afrimadona.

Editor : Pahlevi

BERITA TERBARU